Disperta Kp Sampang Dapat Kucuran Anggaran 5 M Untuk Poktan PAT

SAMPANG – Poktan atau kelompok tani adalah kumpulan petani, peternak, atau pekebun yang dibentuk berdasarkan kesamaan kepentingan, kondisi lingkungan sosial, ekonomi, dan sumber daya. Poktan dibentuk untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha anggota. Selasa, 24/09/2024

Diketahui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, Madura, Jawa Timur melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sampang mendapatkan kucuran dana sebesar Rp 5.076.000.000 untuk Program Perluasan Areal Tanam (PAT).

Suyono Kepala Disperta KP mengatakan bahwa PAT ini merupakan program dari Mentri Pertanian Amran Sulaiman yang mengajak pemerintah daerah untuk menjaga bahkan memperluas lahan-lahan pertanian.

“Program PAT, untuk peningkatan produksi padi akan lebih maksimal jika didukung dengan perluasan areal tanam,” tuturnya

Untuk itu, pihaknya sudah memetakan areal tanam yang mampu meningkatkan produksi padi di areal sawah tadah hujan dari 0 persen menjadi 100 persen, dari 100 persen hingga 140 persen.

“Areal tanam itu yah salah satunya di sungai Nyiburan Kecamatan Jrengik,” ucapnya.

Menurutnya, anggaran PAT bersumber dari pemerintah pusat, jumlahnya sebesar Rp 5.076.000.000. Kemudian pagu tersebut dibagi 45 lokasi PAT. Adapun penerima PAT merupakan kelompok tani (Poktan).

“Dana PAT itu dirinci 45 lokasi. Per lokasi dianggarkan Rp 112.800.000. Penerimanya Poktan. Saat ini sebagian sudah tersalur,” Pungkasnya. (Md).

Exit mobile version