Percepat Akses Pelayanan Kesehatan dan Pendidikan Pemkab Sampang Luncurkan Kapal Cepat

SAMPANG – Guna mempercepat jarak dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan dan pendidikan di pulau Mandangin, Kecamatan Sampang. Pemkab Sampang kini menyediakan kapal cepat. Kamis, 05/09/2024

Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang Yuliadi Setiawan di Sampang Rabu mengatakan, penyediaan kapal cepat itu berkat kerja sama antara Pemkab Sampang dengan PT Penguasa Laut Nusantara, guna mempermudah akses transportasi bagi para guru dan tenaga kesehatan.

“Melalui kapal cepat ini, waktu tempuh dari Pelabuhan Tanglok menuju Pulau Mandangin bisa lebih cepat, yakni hanya antara 15 hingga 20 menit,” katanya.

Saat ini, Pemerintah Daerah belum mampu melakukan pengadaan kapal sendiri sehingga memilih bekerjasama dengan PT Penguasa Laut Nusantara untuk pengoperasian kapal cepat.

Menurutnya, kapal cepat itu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas, meskipun tarif yang ditetapkan pada awalnya sebesar 40 ribu rupiah untuk perjalanan pulang-pergi, yang sudah disubsidi oleh pihak perusahaan kapal.meliputi 36 penumpang dan empat lainnya merupakan anak buah kapal.

“Kami berharap, kapal ini bisa menjadi transportasi laut alternatif bagi warga Pulau Mandangin,” katanya.

Namun, kedepan pihaknya akan memikirkan bagaimana skemanya agar tarifnya tidak membebankan para ASN yang hendak bertugas ke Pulau Mandangin.

Seperti, mengajukan bantuan keuangan kepada Pemprov Jatim untuk subsidi kapal tersebut, atau menggunakan skema bagi ASN yang bertugas di Pulau Mandangin dengan memberikan tambahan TPP khusus.

“Dengan adanya kapal cepat ini kami berharap dapat di manfaatkan secara optimal untuk melayani masyarakat,” pungkasnya.(Md).

Exit mobile version