Perlunya Penguatan Pendidikan Demokrasi Untuk Pelajar

SAMPANG – Ratusan siswa mendatangi gedung wakil rakyat di Sampang tersebut.Siswa siswi kelas VI, VII DAN X yang datang itu didampingi sejumlah guru dan Kepala Sekolah untuk melakukan kunjungan sebagai implementasi projek penguatan profil pelajar.

Mereka adalah Para siswa yang hadir, meliputi pengurus dan anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) dan perwakilan siswa dari kelas VI, VII, dan X. SMPN 1 Sampang yang datang dengan didampingi sejumlah guru dan Kepala Sekolah, mereka terlihat bersemangat dan riuh saat menginjakkan kaki di gedung wakil rakyat tersebut acara yang berlangsung di gedung Aula besar DPRD Sampang, Selasa, 07/03/2023.

Kepala sekolah, Teguh Supariyanto mengaku gembira karena para siswanya bisa diterima oleh anggota DPRD.

“Kami mengucapkan terima kasih karena kedatangan anak- anak kami ini diterima dengan baik oleh bapak- bapak anggota DPRD. Kedatangan kami ke sini semata agar siswa bisa belajar secara langsung tentang demokrasi dan Pancasila,” katanya, Rabu, 08/03/2023.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris DPRD Sampang Moh. Anwari Abdullah memaparkan tentang demokrasi, penyusunan perda hingga tiga fungsi dan peran DPRD. Yaitu, fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi kontrol atau pengawasan. Ketiga fungsi bertujuan agar pemerintahan berjalan optimal sesuai yang diharapkan.

“Saya yakin, yang hadir disini bakal menjadi pemimpin kelak baik di wilayah Sampang, lingkup Jawa Timur hingga nasional. Karenanya anak- anak harus rajin belajar dan jangan takut salah. Yang penting tahu kesalahannya dan segera memperbaikinya,” kata Anwar

Anggota DPRD H.Aulia Rahman dari Fraksi Demokrat juga membuka kesempatan bagi para siswa untuk mengajukan pertanyaan. Kesempatan itu langsung dimanfaatkan sejumlah siswa untuk mengajukan pertanyaan.

Salah satu Siswa ada yang mengajukan pertanyaan tentang fungsi pemilu. Menjawab pertanyaan tersebut, Aulia Rahman mengatakan, pemilu bertujuan untuk memilih para wakil rakyat

“Baik wakil rakyat di DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPRD RI dan DPD,” Tegasnya

Diketauhi ada 37 pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis), 36 pengurus Majelis Perwakilan Kelas (MPK) dan perwakilan kelas 17 siswa yang Hadir di acara Tersebut.
(ADV).

Exit mobile version