2 Bapaslon di Pilbup Sampang Lolos Tes Kesehatan

SAMPANG – Hasil tes kesehatan jasmani dan rohani pada bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati Sampang telah dikantongi KPU Sampang. Dari tes yang dilakukan hingga 1 September lalu, kedua Bapaslon dinyatakan lolos tes kesehatan. Sabtu, 07/09/2024

Ketua KPU Sampang Aliyanto mengungkap, tes kesehatan dilakukan dalam dua tahapan yang dilakukan di RSUD dr. Soetomo Surabaya pada 31 Agustus hingga 1 September 2024. Pertama, Bapaslon diperiksa terkait kondisi jasmani dan rohani. Kemudian, tahap berikutnya dilakukan tes Narkotika.

“Untuk hasil tes kesehatan dua Bapaslon dinyatakan mampu,” ungkap Ketua KPU Sampang

Setelah hasil pemeriksaan tersebut, KPU melangkah ke tahap berikutnya, yakni verifikasi faktual ijazah pendidikan para calon. KPU akan melakukan pengecekan langsung ke institusi pendidikan bapaslon memastikan keaslian ijazah yang dimilikinya.

“Proses verifikasi ini dilakukan dengan cermat dan teliti demi menjaga integritas pemilihan,” terangnya

Setelah verifikasi ini selesai, KPU akan mengumumkan bapaslon yang memenuhi syarat. Penetapan bapaslon menjadi pasangan calon dijadwalkan pada 22 September 2024.

Sebelumnya Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sampang Fadli mengungkapkan, dalam proses tes kesehatan terhadap kedua Paslon, semua Komisioner KPU dan Bawaslu Sampang turut hadir. Hal itu sebagai bentuk pengawasan dan pengawalan.

“Dan keduanya dinyatakan mampu jasmani dan rohani, dan tidak terindikasi narkotik. Serta kami memantau dan mendampingi langsung,” ucapnya.(Md).

Exit mobile version