Tajin Sobih Kuliner Tradisional Madura yang Masih Melegenda Bisa Untuk Menu Berbuka Puasa

SAMPANG – Tajin Sobih menjadi makanan khas Madura yang cocok untuk dijadikan takjil saat berbuka puasa. Makanan ini sendiri memiliki tekstur yang mirip dengan bubur sumsum dengan gula merah cair diatasnya. Biasanya Tajin sobih akan disajikan menggunakan daun pisang, Sabtu, 01/04/2023.

Salah satu pembuat disaat musim puasa adalah Ibu Tin warga dari desa Pangarengan, yang masih menjajakan hanya disaat bulan puasa aja.

Menurutnya pembuatan Tajin Sobih, adalah perpaduan antara bubur mutiara, bubur sumsum dan beberapa olahan tepung kanji serta lupis. Anda bisa menyantap Tajin Sobih dengan bungkusan daun pisang dan sendoknya berasal dari daun pisang juga.

“Sebenarnya bukan saja menyediakan Tajin Sobih biasanya juga dijual makanan tradisional lainnya seperti Lopes dan Cetter. Lopes dan Cetter ini terbuat dari tepung ketan dan tepung beras ada yang dibentuk bulat juga memanjang. Lopes dan Cetter ini juga disiram gula merah diatasnya sama seperti Tajin Sobih,”ungkapnya

Khotim salah satu peminat takjil untuk menu berbuka puasa dirinya sering membeli menu berbuka puasa yang di jajakan di sekitar pasar pangarengan, saat ditanya untuk menu bulan puasa saat ini apa mbak ?, dia menjawab menu saat ini memilih tajin Sobih atau lopes yang di barengin dengan menu lainnya.

“Untuk harga seporsi Tajin Sobih masih sangat murah yakni 2500 rupiah,” Terangnya
Harga yang relatif murah untuk kantong dapur katanya.
(Md)