Ada Kejanggalan Program Kepemudaan Di Kubu Disporabudpar Sampang, Ketua Pansus Bingung

SAMPANG – Panitia Khusus (Pansus) DPRD kabupaten Sampang, Jawa Timur, memanggil sejumlah Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) terkait pembahasan LKPJ Bupati 2022 penggunaan anggaran, Sabtu, 15/04/2023

Dalam kegiatan ini, pihaknya juga mempertanyakan terkait dengan realisasi atau penggunaan anggaran program kepemudaan (Disporabudpar) kabupaten Sampang.

Ketua Pansus Alan kaisan, juga menemukan kejanggalan dalam realisasi atau penggunaan anggaran program kepemudaan di Disporabudpar. Menurut dia, temua di OPD yang dinahkodai Marnilem itu tidak kalah mencengangkan dari temuan di Disdik.

Di dokumen LKPJ yang disampaikan kepada Pansus, anggaran program kepemudaan Rp 129 juta.

“Dana tersebut digunakan dalam dua sub kegiatan yakni kepramukaan dan kepeloporan pemuda. Perinciannya program kepramukaan dianggarkan Rp 77 juta sedangkan kepeloporan pemuda Rp 52 juta,” ucapnya saat dikonfirmasi di ruang Komisi.

Namun dalam keterangan yang disampaikan kepada Pansus, program kepeloporan pemuda tersebut tidak terealisasi, alasannya karena tidak ada proses seleksi di tingkat Jawa timur, tapi di laporan keuangan anggarannya sudah terealisasi.

“Kami bingung yang mana sebenarnya yang benar, kita kata Alan, hanya disajikan angka yang bagus tetapi kemudian di lapangan tidak sesuai data yang dilaporkan,” ujar Politisi Gerindra itu.

Berdasarkan Permendagri Nomor 18 tahun 2020 mengamanatkan penyusunan LKPJ berbasis Target Kinerja, namun masih ada beberapa OPD yang malah menyusun LKPJ berbasis target penyerapan penganggaran sehingga data yang dilaporkan tidak sesuai dengan fakta di lapangan.

“Kami akan memanggil BPPKAD untuk dimintai klarifikasi terkait temuan-temuan tersebut, apakah ini memang ada unsur kesengajaan atau karena salah pada saat melakukan entry data, ” Harapnya.

R.H Aulia Rahman juga berkomentar tentang banyaknya temuan di LKPJ 2022, Ini sangat membingungkan dengan banyak temuan temuan.

“Di dokumen LKPJ yang disampaikan kepada Pansus, anggaran program kepemudaan Rp 129 juta. Dana tersebut digunakan dalam dua sub kegiatan yakni kepramukaan dan kepeloporan pemuda. Perinciannya program kepramukaan dianggarkan Rp 77 juta sedangkan anggaran kepeloporan pemuda Rp 52 juta, “ucapnya

(Md)

Exit mobile version