Pemerintah Kabupaten Sampang Siapkan Dana Rp 690 Juta untuk Beli Hewan Kurban

SAMPANG – Menjelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 29 Juni 2023, Pemkab Sampang sedang menyiapkan anggaran atau dana Rp 690.an juta untuk hewan kurban. Nantinya, hewan kurban tersebut didistribusikan, Selasa, 13/06/2023.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Sampang Moh. Tholkah, menuturkan untuk pengadaan hewan kurban tahun 2023 ini anggarannya sudah disiapkan. Namun, saat ini kami masih melakukan perencanaan untuk pengadaan pembelian hewan kurban.

“Kami masih menyusun pengadaan dan anggarannya sudah disiapkan,” tutur Moh. Tholkah.

Tholkah menambahkan, dengan anggaran tersebut, rencananya akan dibelikan sebanyak 1 Sapi Limusin, 26 ekor sapi lokal dan 23 ekor kambing. Tholkah menyebut, pihaknya masih belum memutuskan hewan kurban itu akan didistribsusikan kemana saja. Sebab pihaknya masih menunggu keputusan pimpinan Pemkab Sampang.

“Untuk pendistribudiannya belum ada arahan. Tapi yang lebih penting pengadaan dulu kemudian baru disalurkan,” imbuhnya.

Untuk pengadaan hewan kurban, lanjut Tholkah, masih dalam tahap proses lelang, sehingga belum dipastikan siapa pemenangnya. Sedangkan pihak yang berhak menerima hewan kurban harus mengajukan permohonan proposal melalui Camat, sehingga nantinya pihak Kecamatan akan menunjuk penerima hewan kurban.

“Biasanya penerima mayoritas dari Pondok Pesantren mengingat banyak santri yang lebih membutuhkan. Kalau mengaca pada 2022 pembagian hewan kurban merata ke 14 Kecamatan,” jelasnya.

Tahun lalu, Pemkab Sampang melakukan pengadaan untuk hewan kurban sebanyak 15 ekor kambing dan 20 ekor sapi. Pemkab melakukan pengadaan hewan kurban disiapkan anggaran sebesar Rp 510 Jutam

Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, hewan kurban milik Pemkab Sampang itu biasanya didistribusikan kepada masjid-masjid di Sampang. Terutama Masjid Jami dan Masjid Agung. Selain itu juga didistribusikan ke masjid di kampung-kampung.

(Md)

Exit mobile version