Ngeri, Baterai Sepeda Listrik Meledak dan Terbakar Saat Diisi Ulang

SAMPANG – Motor listrik pada dasarnya sama seperti motor konvensional yang memiliki potensi terbakar. Pemilik perlu mengenali apa saja penyebab baterai bisa meledak dan terbakar, Jumat, 26/05/2023.

Salah satu contohnya seperti video viral yang beredar di media sosial belakangan ini, di mana motor listrik tiba-tiba terbakar saat dikendarai, diparkir, atau ketika dicas baterainya.

H. Dur, warga di jalan Tengku Umar II, kelurahan Gunung Sekar, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang membenarkan kejadian tersebut Rabu, 24/5/2023, siang. penyebab baterai motor listrik meledak ada dua, yaitu faktor eksternal dan faktor internal atau karena baterai itu sendiri.

“Saat pengecasan, sepeda listrik tersebut menggunakan menggunakan alat cas milik sepeda motor listrik, ” Ucapnya

Menurutnya Voltase yang dipakai tidak sesuai dengan ukurannya. Akibat dari peristiwa tersebut tersebut, satu unit kendaraan sepeda motor jenis Honda Vario sebagian body terbakar, bahkan api yang terus membesar nyaris melahap bangunan rumah.

“Beruntung kata dia, kejadian naas ini tidak memakan korban jiwa. Hanya saja, sepeda listriknya juga melalap sepeda motor yang ada didekatnya,” Terangnya.

Dirinya menghimbau, kepada masyarakat yang memiliki sepeda motor listrik, agar lebih berhati-hati saat melakukan pengecasan pada sepeda motor listrik.

“Pakailah cas yang original atau cas yang asli dari tokonya,” papar dia.
(Md)

Exit mobile version