Kapal Motor Jaya Makmur Asal Sampang Tenggelam di Perairan Sumenep, 1 ABK Belum Ditemukan

SUMENEP – Sebuah kapal Motor KM Jaya Makmur GT 30 Asal Sreseh Kabupaten Sampang tenggelam di perairan selatan Gili Raja, Kecamatan Gili Genting, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Jum’at, 05/05/202, tenggelam akibat cuaca buruk di perairan Selatan Gili Raja.

Peristiwa ini diketahui oleh Kapal TB Logindo Progress yakni salah satu kapal yang mendukung dan mengawasi kegiatan Sumur Migas HCML MAC, pada Kamis (4/5) pukul 13.15 WIB.
Diketahui kapal dengan nama KM. Jaya Makmur GT.30 tersebut tenggelam di koordinat 7° 22′ 15.68” S – 113° 50′ 20.47” E.

Kapolres Sumenep melalui Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti mengatakan, semula kapal pendukung kegiatan sumur migas melihat sebuah kapal kayu yang sedang mengalami kemiringan hingga tenggelam. Beruntung, di sekitar kejadian ada Kapal AHT Logindo dari Tim Offshore Husky Cnooc Madura Limited (HCML) yang sedang beroperasi melakukan pengawasan MAP WHP sekitar pukul 13.45 WIB.

“Kapal TB Logindo Progress ini langsung melakukan upaya pertolongan terhadap anak buah kapal (ABK),” kata Widiarti dalam rilisnya.

Selanjutnya Awal peristiwa tenggelam, sekitar pukul 13.55 WIB, kapal milik HCML itu melihat sebuah kapal kayu yang sedang mengalami kemiringan dan tenggelam. Mereka kemudian melakukan upaya pertolongan terhadap ABK. Dua ABK berhasil diselamatkan dan satu orang belum ditemukan.

Selanjutnya Sekitar pukul 11.50 Wib gabungan Sat Polairud Res Sumenep, Bko Ditpolairud Polda Jatim, TNI AL dan BASARNAS dengan menggunakan Kapal Speed RIB melakukan penjemputan terhadap 2 awak kapal KM. Jaya Makmur yang selamat di kapal TB. Logindo Progress yang sandar di pengeboran sumur migas HCML MAC di perairan Gili raja Kec. Gili genting Kab. Sumenep untuk dibawa menuju Pelabuhan Kalianget dan dilakukan tindakan medis.

“Diketahui Identitas awak kapal : Nahkoda atas nama Dofir (60) th, Abdus salam (58) th, dan Eko (31) th yang belum ditemukan, semuanya berasal dari Desa Sreseh Kabupaten Sampang”, Terangnya.

(Md)

Exit mobile version