Fenomena Pink Moon di Bulan Ramadhan, Ketika Bulan Berubah Warna Merah Muda

SAMPANG – Ketika purnama, bentuk bulan akan terlihat utuh secara keseluruhan dan berwarna terang dan cerah di langit. Bulan purnama yang akan terjadi hari ini tepatnya Kamis, 06/April 2023, ini dikenal dengan nama Pink Moon, teman-teman, Kamis, 06/04/2023

Dikutip dari situs Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Pink Moon merupakan fenomena astronomi berupa bulan purnama yang terjadi pada setiap April.yang juga berketetapan dibulan suci ramadhan.

“Bulan akan memasuki fase penuh pada April ini. Beda dari purnama biasanya, fase ini dikenal sebagai Pink Moon alias bulan merah muda. Namun, jangan keburu membayangkan bulan akan berubah warna menjadi pink, ya. Pasalnya, kenyataannya tidak demikian,” Terang BRIN.

Munculnya Phlox di awal musim semi itulah yang mendasari penamaan Bulan Purnama Merah Jambu atau Pink Moon tambahnya.

Mengapa dinamakan Pink Moon?. Sebelumnya, kamu tidak akan mendapati bulan berwarna menjadi merah muda saat fenomena Pink Moon terjadi.

Sebutan Pink Moon merujuk pada Farmer’s Almanac. Ungkapan ini diberikan pada bulan purnama yang terjadi tiap April karena dikaitkan dengan awal musim semi. Pada waktu tersebut, bunga liar Phlox subulata atau moss pink yang memiliki kelopak kecil berwarna merah muda mulai bermekaran.

Masih merujuk dari penjelasan BRIN, fenomena Pink Moon 2023 bisa disaksikan mulai 5 April 2023 selepas matahari terbenam. Pada waktu tersebut, bulan akan terbenam di arah timur, lalu mengalami kulminasi di selatan saat tengah malam. Selanjutnya, hilang sesaat di arah barat sebelum matahari terbit.

Apapun fenomena tersebut menurut kalangan masyarakat Para Kiayi, Ust Faruk mengungkapkan, tentunya kita tetap selalu bersyukur apalagi berdampingan dengan bulan Ramadhan, bulan penuh berkah

“fenomena Bulan purnama ini akan terjadi di pertengahan bulan suci Ramadan, yaitu bulan turunnya Al-Qur’an, kitab suci umat Islam. Umat Islam meyakini bahwa Al-Qur’an pertama kali turun pada 17 Ramadan. Selain itu, Umat Islam juga meyakini ada “malam seribu bulan” di salah satu malam di antara pertengahan hingga akhir bulan Ramadan,”pungkasnya.

(Md)

Exit mobile version