Komisi IV DPRD Sampang Terus Monitoring dan Sosialisasi Dalam Meningkatkan IPM Pendidikan

SAMPANG – Pendidikan memiliki peranan penting dalam perkembangan kemajuan suatu bangsa, semakin maju pendidikan pasti pembangunan suatu bangsa semakin baik. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk peningkatan mutu pendidikan, baik dari segi kebijakan, aturan, maupun regulasi diupayakan sebaik-baiknya.

Terkait masalah pendidikan ini tentunya menjadi salah satu fokus utama Komisi IV DPRD Kabupaten Sampai, yang membidangi kesejahteraan dan sumber daya manusia dalam rapat kerja koordinasi dan Sosialisasi terus dilakukan

Kali ini Komisi IV melanjutkan pemaparan ke dua wilayah kecamatan. Pertama Kecamatan Omben, dan Kecamatan Banyuates para guru Kepala Sekolah SDN di wilayah kecamatan. Jumat, 14/06/2024.

R.H.Aulia Rahman komisi IV DPRD dalam pemaparan memberikan wawasan kepada Kepala Sekolah bahwa, perkembangan pendidikan di kabupaten Sampang. Ia menandai perubahan besar dalam pendekatan pendidikan, menekankan pada kebebasan belajar, pemahaman karakter peserta didik, dan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Namun, di balik visi ini, banyak guru di Sampang merasakan dilema antara mendidik dengan hati atau dengan administrasi.

Namun, realitas lapangan seringkali berbeda. Banyak guru dihadapkan pada tekanan administratif yang meningkat. Dokumentasi, evaluasi, dan pemantauan terkadang mengambil alih fokus guru.

“Mereka terjebak dalam birokrasi pendidikan yang kompleks, yang menyita waktu dan energi yang seharusnya dihabiskan untuk mendidik, ” ucapnya.

Menurutnya, tingkat IPM di kabupaten Sampang masih rendah sehingga bagaimana pemerintah Daerah khususnya di bidang pendidikan baik sarana dan prasarana salah satu penunjang di dunia pendidikan

“Sehingga, bagaimana cara untuk mensejahterakan siswa siswi yang bisa berbobot dan berprestasi kedepannya, ” terangnya.

Semenatata koordinator bidang pendidikan wilayah Kecamatan Banyuares mengatakan bahwa, kedatangan Komisi IV DPRD kabupaten Sampang selaku Mitra kami atas masukan dan arahan kepada kami

Sehingga curhatan keluh kesah para Kepala sekolah se Kecamatan Sampang bisa tersampaikan sekala prioritas baik segi sarana infrastruktur maupun sarana penunjang Pendidikan

“Kami banyak bersyukur mendapatkan arahan dari komisi IV, sehingga di tahun tahun kedepannya terus di monitoring dalam kinerja di dunia pendidikan khususnya kabupaten Sampang, ” pungkasnya. (Md) .