PMK Hilang, Harga Sapi Jelang Idul Adha di Sampang Melambung Tinggi

SAMPANG – Menjelang Idul Adha 1445 H / 2024, Harga sapi di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, melambung tinggi, Kenaikan harga hewan kurban juga terjadi, tidak hanya di Pasar Hewan wilayah Kecamatan Kota Sampang, melainkan merata di pedesaan. Jum’at, 14/06/2024

Pedagang sapi asal Desa/Kecamatan Jrengik, Sampang, Suyanto (46) mengatakan, kenaikan harga menjelang Idul Adha sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya.

Sedangkan pekan ini, sudah masuk ke momen ‘premanan’ sehingga harga sapi melonjak naik, bahkan bisa berkali-kali lipat.

“Kenaikan harga menjelang Idul Adha sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya. Sedangkan pekan ini, sudah masuk ke momen ‘premanan’ sehingga harga sapi melonjak naik, bahkan bisa berkali-kali lipat,” ucap Suyanto Pedagang sapi asal Desa/Kecamatan Jrengik

Menurutnya, beda saat ada saat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), seperti tahun sebelumnya, diakuinya saat itu harga sapi mengalami penurunan drastis.

“Kenaikan harga sapi berukuran sedang, biasanya dipatok dengan harga Rp 10 juta, namun kini merangkak naik di harga Rp 15 juta – Rp 20 juta,” tuturnya.

Terpisah, Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta KP) Sampang, Arif Rahman Hakim, mewanti-wanti agar para pedagang menjual sapi yang kondisinya sehat.

Apalagi, pedagang yang menjual sapi ke luar daerah, diharuskan menggunakan vaksinasi dan dipasang eartag, serta mendapat rekom dari dinas.

“Kami juga telah membentuk tim di lokasi pasar hewan, sehingga bisa membantu para warga yang was-was, ” Pungkasnya. (Md).