Diskopindag Klaim Rencana Realokasi Pedagang Pasar Terkonsep Dan Dikaji Matang

SAMPANG – Kios Blok C Pasar Srimangunan Kabupaten Sampang yang ditempati oleh pedagang ikan dan sayur (Pasar basah) berencana direalokasi ke Pasar Margalela, Jalan Syamsul Arifin, Kelurahan Polagan.

“Sesuai dengan konsep dari pemerintah daerah bahwa pasar itu harus di pisah antara pedagang basahan dengan pasar kering,” jelas Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Chairijah, Kamis 10/08/2023.

Menurut Chairijah, relokasi tersebut hanya pada sebagian pedagang ikan dan sayuran yang menempati Blok C dengan tujuan Pasar Srimangunan akan dijadikan pasar modern.

Dia menjelaskan, kekhawatiran para pedagang selama ini jika di pindah akan mengakibatkan sepi pembeli dan pelanggan berkurang. Sedangkan Realokasi yang akan dilakukan oleh pemerintah kabupaten (Pemkab) itu sudah dikonsep dan dikaji secara matang.

Untuk itu Diskopindag memiliki keyakinan bahwa dengan adanya realokasi itu, pedagang ikan dan sayuran lebih bersih juga tertata sesuai fungsi masing-masing.

“Kita ketahui bersama kalau selama ini kondisi Pasar Srimangunan campur aduk antara pedagang kain, pakaian, sepatu serta sandal itu jadi satu dengan pedagang ikan dan sayur maupun dagangan lainnya.
Kami ingin sekarang, Pasar Srimangunan Sampang ini agak seperti pusat grosir surabaya (PGS dan Pasar Turi Surabaya,” ucapnya.

Selanjutnya, kata Qorik sapaan akrabnya, realokasi pedagang juga karena faktor overload atau kelebihan kapasitas. Misalnya, tahun 2005 sebanyak 385 dan bertambah menjadi 674.

“Bagaimana, apakah over load ini pernah terpikirkan oleh mereka yang berdampak pada sepinya pembeli akibat terlalu banyaknya para pedagang di blok C?” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu pedagang sayur Pasar Srimangunan, Mas’ Adah 53 berkata siap jika ada pemindahan atau realokasi karena hal itu sudah menjadi kebijakan pemerintah.

“Kami yang merupakan pelaku pasar dan pemilik kios akan selalu siap apabila di pindah ke Pasar Margalela, mungkin dengan realokasi itu ke depan bisa lebih tertata rapi, nyaman, baik bagi pedagang maupun pembeli,” tandasnya. (FS)