Evakuasi Ular Berbisa Jenis Kaber Macan Yang Meresahkan Warga Makan Waktu 45 Menit

SAMPANG – Warga Perumahan Selong Permai, Kelurahan Gunung Sekar, Kecamatan/Kabupaten Sampang dihebohkan dengan penemuan Ular sepanjang 1 meter berwarna hitam dikombinasi coklat kemerahan yang tiba-tiba ada di dalam mobil pribadi jenis Toyota Avansa pada Minggu siang (06/08/2023).

Ular yang masuk kategori berbisa itu ditemukan pertama kali oleh Ruqiah 40 saat hendak bepergian. Melihat hal itu, si pemilik mencoba menangkap namun ular malah bersembunyi di bagian mesin mobil hingga sulit ditangkap.

Khawatir terkena gigitan ular, pemilik langsung menghubungi petugas Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Daerah (DPKPD) untuk dilakukan evakuasi.

“Saat ke lokasi kita terjunkan 10 orang anggota Damkar dengan dilengkapi peralatan khusus, kebetulan mereka yang piket,” kata Fatin Hamamah Kabid Pencegahan DPKPD Sampang, Senin 07/08/2023.

Menurut Fatin, evakuasi membutuhkan waktu 45 menit karena keberadaan ular sulit ditemukan, bahkan petugas hingga membuka semua sisi mobil. Alhasil ular ditemukan di bagian atas roda depan sebelah kiri dengan kondisi melingkar.

“Kalau jenis ularnya saya tidak tahu pasti, tapi menurut orang Madura, ular itu jenis ‘Kaber Macan’ tergolong ular berbisa,” terangnya.

Pasca berhasil mengevakuasi, ular tersebut direalese ke alam liar agar tidak kembali ke pemukiman warga. “Agar tidak terjadi hal yang serupa, kami harap warga harus menjaga kebersihan terutama di mobil. Bisa jadi, ular itu datang karena mencium bau makanannya, seperti tikus,” pungkasnya. (FS)