Mudik Gratis, Pemkab Sampang Masih Nunggu Rakor Pemprov Jatim

SAMPANG –Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) menyediakan program mudik gratis untuk seluruh warga Jatim. Sejumlah armada bus dikabarkan telah disiapkan untuk mengantar para perantau pulang ke kampung halaman agar berjumpa keluarga saat momentum lebaran.

Kementerian Perhubungan membeberkan perkembangan program mudik gratis yang diselenggarakan di masa Angkutan Lebaran Tahun 2023, baik melalui jalur darat, laut, serta kereta api, Jum’at 31/03/2023.

Namun, Dinas Perhubungan (Dishub) Sampang belum memastikan secara rinci program tersebut. Sebab, kata Sekretaris Dishub Sampang Yulis Juwaidi, pihaknya belum menerima panggilan rapat koordinasi (rakor) dari Pemprov Jatim. Sehingga belum diketahui rincian program tersebut.

“Kami belum rakor. Jadi belum tahu apakah ada jatah untuk Sampang. Karena saya lihat, adanya dari Surabaya tujuan Sumenep,” ungkapnya.

Namun demikian, Yulis meyakini, mudik gratis tujuan Sumenep sudah mewakili tujuan Madura.

program mudik gratis ini untuk warga Jatim yang merantau antar kabupaten dan kota. Warga Sampang yang berada di luar Sampang, akan diantar ke Sampang. Begitu pun warga Jatim yang dari luar Sampang yang berada di Sampang akan diantar ke daerah asalnya.

“Jadi program mudik ini nanti akan terjadwal. Setelah bus mengantar ke Madura, dari Madura akan membawa pemudik ke daerah asalnya,” jelas Yulis.

Sebab untuk ke Sumenep pasti melalui Bangkalan, Sampang dan Pamekasan.
“Ada bus yang sudah disiapkan dari Terminal Purabaya dengan tujuan beberapa kabupaten dan kota di Jatim,” Pungkasnya
(Md)