Ragam  

Pulau Mandangin Menyimpan Kekayaan Alam Yang Wajib Dikunjungi Para Wisatawan

SAMPANG – Panorama yang indah dimiliki oleh Pulau Mandangin yang berada di Sampang. Pulau ini terpisah dengan pulau Madura sehingga untuk bisa melihatnya, terlebih dahulu harus menyeberang. Wisatawan dapat menyewa kapal nelayan sekitar untuk diantar ke pulau eksotis ini, Sabtu, 11/03/2023.

Pulau Mandangin adalah salah satu tempat wisata di Sampang, dan dapat dijangkau dengan perahu bermotor dari Pelabuhan Tanglok

Kondisi Pulau Mandangin masih sangat terjaga dengan air laut yang begitu jernih. Kegiatan yang bisa dilakukan di pulau ini tidak hanya bersantai menikmati pemandangan pantai. Pengunjung bisa memancing atau melihat-lihat keeksotisan bawah lautnya yang juga masih terjaga dengan baik.

Bapak Nizar warga Pulau Mandangin atau disebut Pulau Hilih mengatakan bahwa tidak kalah indahnya dengan Pulau Pulau lainnya, dikenal akan keindahan pasir putih, terumbu karang, dan kehidupan masyarakatnya yang mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan.

“Keindahan alamnya layak dikagumi. Terutama panorama senja dan matahari terbitnya. Pulau itu juga dikenal dengan nama Pulau Lepra. Sebab, pada zaman orde baru, pulau tersebut menjadi tempat pembuangan orang-orang pengidap lepra di Madura. Mungkin karena itu juga, keindahan panoramanya tidak digarap serius sebagai objek wisata yang bisa menghasilkan laba oleh pemda,”tegasnya

Menurut kisah Dahulu seseorang yang bernama Bangsacara dibunuh di pulau ini oleh Bangsapati suruhan Raja Bidarba yang ingin merebut kembali Ragapatmi (mantan istrinya) yang sudah sembuh dari penyakit kulitnya yang mengerikan.

Fahrillah yang tak lain warga Mandangin mengungkapkan, Pengunjung akan menemukan daya tarik tersendiri dan merasakan suasana yang berbeda ketika berkunjung ke Pelabuhan pada sore hingga malam hari. Terdapat banyak sekali pedagang yang berjajar pada tepian Dermaga.

Pelabuhan Mandangin dapat dijadikan sebagai destinasi kuliner yang cocok dikunjungi bersama keluarga, sahabat atau teman dekat.

“Karena pedagang tersebut menjual berbagai macam makanan serta minuman dengan kualitas rasa yang enak dan tentu dengan harga yang murah sambil menikmati suasana malam,” Pungkasnya.
(Md)