Hukum  

Ormas di Sampang Ingatkan Netralitas dan Profesionalitas Polisi, Pilar Kepercayaan Publik

SAMPANG – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) merupakan momen penting untuk merenungkan peran institusi ini dalam masyarakat. Dalam upaya meningkatkan kepercayaan publik, Polri dihadapkan pada dua tantangan utama: netralitas dan profesionalitas. Kedua aspek ini tidak hanya berkaitan dengan praktik sehari-hari kepolisian, tetapi juga menyentuh dimensi filosofis dan etis yang mendasar dalam penegakan hukum dan keadilan, khususnya dalam konteks Indonesia sebagai negara hukum. Rabu, 23/10/2024

Para Ormas yang terdiri dari Nahdlatul Ulama NU, Muhammadiyah, Ansor, dan Banser datang ke kapolres Sampang di hari Santri nasional pada hari Selasa, 22/10/2024 kemarin.

Kedatangan para Ormas ke polres Sampang dalam mengingatkan pentingnya netralitas demi menciptakan Pilkada Damai 2024. Terutama netralitas bagi aparat penegak hukum (APH) kepolisian Polres Sampang.

KH Moh Itqon Busiri selaku ketua Tanfidziyah PC NU Sampang mengatakan bahwa, penting Polri dalam masyarakat dan terus mendorong upaya-upaya untuk meningkatkan netralitas dan profesionalitasnya demi masa depan yang lebih baik. Dengan komitmen kuat dan langkah-langkah strategis, Polri dapat mewujudkan visi dan misinya sebagai pelindung, pelayan, dan pengayom masyarakat yang profesional dan berintegritas

Termasuk, meminta Polres Sampang menindak tegas segala bentuk intimidasi, tekanan, dan gangguan yang berpotensi membuat kegaduhan menjelang Pilkada 2024.

” Kami akan terus mendukung Polres Sampang dalam menciptakan pilkada serentak 2024 damai dan kondusif,” ujarnya

Tak hanya itu, transformasi ini tidak hanya memerlukan perubahan dalam kebijakan dan prosedur, tetapi juga dalam budaya dan nilai-nilai yang dianut oleh setiap anggota Polri. Hanya dengan demikian, Polri dapat benar-benar menjadi institusi yang dipercaya dan dihormati oleh seluruh lapisan masyarakat

Pihaknya meyakini Pilkada 2024 Sampang akan berjalan damai dan kondusif asalkan, semua pihak, baik pelaksana Pilkada, tokoh ulama, tokoh masyarakat, APH berkomitmen melaksanakan Pilkada dengan damai dan kondusif dari kekerasan.

Dengan begitu, pihaknya berharap masyarakat Sampang bisa mendapatkan Pemimpin yang amanah nantinya.

” Kami mengapresiasi dan berterimakasih kepada (Ormas) Sampang, yang telah memberikan dukungan kepada Polres Sampang,” pungkasnya.(Md).