Seekor Lumba-lumba Sepanjang 5 Meter Terdampar di Pantai Damarwulan Sampang

SAMPANG – Viral di medsos flatfon Facebook Seekor lumba-lumba sepanjang lima meter dengan berat sekitar satu ton, Sabtu 19/10/2024 kemarin, ditemukan dipinggir pantai Damarwulan, Desa Aengsareh, Kecamatan Sampang dalam kondisi masih hidup

Salah satunya diposting oleh akun Facebook, Conk Mohod Al Barokah Dalam video amatir berdurasi 42 detik tersebut memperlihatkan beberapa orang warga melihat dan kasihan mamalia laut tersebut. Lumba-lumba yang tak berdaya di atas pasir di tepi pantai itu masih terlihat aktif menggerakkan tubuhnya.

Salah satu warga setempat menyampaikan, diduga lumba-lumba tersebut terdampar akibat kesalahan navigasi seperti halnya penyebab lumrah di daerah pesisir lainnya. Lumba-lumba memiliki sistem navigasi dalam mengarungi lautan yaitu menggunakan sonar.

“Salah satu penyebab Ombak dan cuaca lagi ekstrem, yang menyebabkan mamalia besar tersebut terdampar, ” ujarnya. Minggu, 20/10/2024

Para nelayan sering melihat penampakan kawanan lumba-lumba bermain di tengah laut di kawasan pesisir pantai wilayah selatan Sampang saat cuaca mendukung.

“Kami sudah sering melihat kawanan lumba-lumba muncul saat cuaca panas,” ungkap

Hingga sampai saat ini belum ada kelanjutan mengenai nasib mamalia tersebut. (Md).