Berkah Maulid Nabi, Pedagang di Sampang Banjir Pesanan

SAMPANG – Memasuki bulan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Senin (16/9/2024), pedagang jajanan tradisional di Pasar Margalela Kota Sampang kecipratan berkah.

Para pedagang jajanan tradisional diPasar mendapat pesanan banyak jelang Maulid Nabi Muhammad SAW. Penjualan mereka pun meningkat dari hari-hari biasanya.Penjual jajanan pasar mengaku omzet penjualan mereka meningkat pesat dibanding hari-hari biasa.

Apalagi saat menjelang perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, pasar-pasar tradisional di wilayah tersebut ini mulai dipadati warga yang berburu aneka jajanan pasar. Beragam jajanan tradisional seperti klepon, lupis, onde-onde, apem, cucur, lemper, naga sari dan serabi menjadi favorit warga untuk sajian perayaan hari Maulid Nabi

Salah satu pedagang jajanan di pasar Margalela, Lastri, menuturkan bahwa permintaan pelanggan terhadap jajanan tradisional selalu melonjak jelang perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Penjualannya meningkat dari yang biasanya 100 bungkus, jelang Maulid Nabi Muhammad SAW ini bisa 300 bungkus dalam sehari.

“Setiap tahun kalau sudah menjelang Maulid Nabi, saya pasti menambah stok dagangan. Biasanya sehari jualan 100 bungkus, sekarang bisa sampai 300 bungkus sehari,” ungkap Ibu Sri Lastri. Selasa, 17/09/2024

Jajanan tradisional yang banyak dibeli ini untuk suguhan di acara Maulid Nabi Muhammad SAW. Biasanya jajanan tradisional ini disiapkan sebagai hidangan dalam acara pengajian, selametan, atau dibagikan kepada tetangga sebagai bentuk syukur. Selain itu, jajanan pasar memiliki nilai simbolik sebagai bentuk kearifan lokal yang masih lestari di tengah masyarakat.

Untuk harga satuan kue ini mulai dari Rp 2 – 4 ribu. Tapi ketika pesan kue dengan jumlah banyak akan dikenakan potongan harga. Lastri juga kerap menerima pesanan di hari biasa, namun ketika menjelang hari perayaan Maulid Nabi pesanan untuk jajanan pasar melonjak tinggi.

“Saya dagang ini juga bisa Nerima pesanan kue, tapi akhir – akhir ini menjelang hari perayaan Maulid Nabi pesanan saya allhamdulilah meningkat banyak. Ketika ada orang yang pesan dengan jumlah banyak akan nada potongan harga tentunya,”ujarnya.(Md).