Harga Garam Anjlok, PJ Bupati Sampang Perjuangkan Kesejahteraan Para Petani Garam

SAMPANG – Tanamkan semangat bagi komuditas komuditas mendorong perkembangan ekonomi masyarakat Sampang dalam kesejahteraan Pj Bupati Sampang terus berinovasi mendukung pertumbuhan kota Sampang, Selasa, 20/08/2024

Dari berbagai lini salah satunya di sektor petani tembakau dan petani garam di wilayah Sampang, dimana perkembangan petani tembakau di tahun ini jauh lebih dari tahun yang lalu.

Dimana diketahui tahun lalu ada 3.800 hektare. Sedangkan untuk tahun ini mengalami kenaikan 3000 hektare, yakni menjadi 6.800 hektare. Selain itu, Rudi juga mengungkapkan kalau harga tembakau tahun ini cukup tinggi bila dibanding tahun 2023 lalu.

“Yang mana pada tahun lalu itu harga tembakau Rp 30.000 paling murah, dan maksimal Rp 50.000. Sekarang menghantam sampai Rp 70.000 hingga Rp. 90.000,” ucapnya.

Sementara bagi petani garam saat ini harga Garam terbilang mengalami penurunan, sehingga bagaimana cara para petani garam memproduksi dengan cepat dengan mendatangkan mesin guna mempercepat produksi dan pemkab sudah memperjuangkan

“Karena sekarang harga garam menurut dia harganya lagi turun. Terus kalau kita sudah dapat alatnya, kita akan bangun alatnya supaya garam kita itu menjadi garam industri. Garam industri itu Minimal 2 setengah kali lipat dari itu,” tuturnya.

Pihaknya terus memompa agar masyarakat Kabupaten Sampang kemudian bisa berdiri di kaki sendiri. Ia juga mengaku kalau dirinya sudah tidak lagi mendorong Bantuan Sosial (Bansos) melainkan kemandirian ekonomi dari masyarakat Kota Bahari. (Md).