AKBP Hendro Sukmono Kapolres Baru, DPC JCW Sampang Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada

SAMPANG – Resmi nahkodai kepemimpinan Kepolisian wilayah Sampang menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) AKBP Hendro Sukmono mempunyai tugas besar dan pekerjaan baginya di wilayah setempat. Minggu, 21/07/2024

Tentunya menjadi bahan pembahasan dikalangan tokoh Masyarakat, tokoh pemuda, Para Kiayi bahkan para pemantau politik di kabupaten Sampang

Salah satu tokoh politik sekaligus Ketua Jatim Corruption Watch di Kabupaten Sampang, R.H.Aulia Rahman mengatakan bahwa jelang pilkada di Kabupaten Sampang ini menjadi atensi publik bahkan bisa dikatakan panas semenjak mantan Bupati dan Wakil Bupati Sampang memilih jalan masing-masing

Sebab, berbagai rangkaian pelanggaran dan penyimpangan dalam proses pemilu sebelumnya selama ini sudah tidak bisa lagi dikategorikan sekadar sebagai sebuah kecurangan dalam kontestasi elektoral lima tahunan.

“Yang terjadi adalah kejahatan pemilu yang melibatkan penyelenggara negara, mulai dari presiden, menteri, kepala daerah, aparatur sipil negara di semua tingkatan hingga kepala desa dan lurah, ” ujarnya.

Menurutnya, pelanggaran yang bersifat terstruktur, sistematif, dan masif sudah terjadi. Kondisi ini seharusnya menjadi wake up call bagi semua pihak, baik pegiat LSM, akademisi, mahasiswa, maupun masyarakat pada umumnya untuk mengawasi jalannya kontestasi. Ini juga sekaligus membuktikan bahwa prinsip jujur dan adil yang mendasar dalam sebuah pemilihan sudah tercederai.

Temuan-temuan yang diperoleh menunjukkan bahwa alat negara digunakan, sumber daya dipakai, jabatan/kewenangan/fasilitas/anggaran/kebijakan juga dimanfaatkan untuk kepentingan pemenangan pasangan calon tertentu.

”Ini bertentangan dengan prinsip keadilan pemilu yang seharusnya ditegakkan,”

Lebih lanjut, Aulia Sapaan mengajak agar masyarakat terus mewaspadai black campaign atau kampanye hitam yang isinya hanya berusaha menjelek-jelek calon lain. Soal politik uang, mereka harus disadarkan untuk tidak gampang memilih hanya karena iming-iming duit.

“Masyarakat diminta untuk tetap fokus memilih pemimpin yang terbaik,”Tegasnya

Sementara AKBP Hendro Sukmono Kapolres Sampang mengatakan bahwa, untuk menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Polres Sampang. Maka tentunya dia akan bersinergi dengan stakeholder yang ada untuk mengemban amanah tersebut. Karena ini mendekati momen Pemilihan Umum

Hendro menyebut, silahkan bersikap secara madani, cerdas, dan bijaksana. Dan jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu yang belum terklarifikasi. Setiap person punya hak untuk memilih, dan silahkan gunakan haknya dengan baik untuk ke depannya.

“Tentunya untuk kesejahteraan, kemajuan masyarakat Kabupaten Sampang,” pungkasnya. (Md).