Kisah Mbah Danik, Tinggal Bekas Rumah Peninggalan Tokoh Pahlawan Yang Hidup Sebatang Kara

SAMPANG – Mbah Danik merupakan seorang lansia yang hidup sebatang kara. Usianya sudah 75 tahun. Kini ia tinggal di sebuah rumah yang hampir dikatakan roboh yang menempati bekas rumah Patih di masa majapahit dahulu. Salah satu peninggalan tokoh pahlawan asal madura yakni Perdana Halim Kusuma. Minggu, 14/07/2024

Diketahui Beredar dalam video yang berdurasi singkat, nampak dirinya sedang bercakap dengan seseorang perempuan yang tidak lain itu adalah Sarinah Olla, salah satu pengurus Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia ( PA GMNI).

Dijelaskan dalam perbincangan terdengar perkataan bahwa dirinya hanya tinggal sebatang kara, dan rumah yang ditempati itu adalah bekas rumah patih atau salah satu tokoh pahlawan karena nampak jelas sisa bangunan banyak ukiran yang kental akan sejarah zaman dahulu

“Disini dulu bekas rumah patih di masa majapahit, patih itu adalah Halim Perdana Kusuma,” ucap Nenek dalam video itu.

Sementara saat dikonfirmasi, Olla sendiri membenarkan atas video tersebut, bahwa menurut nenek Danik rumah yang ditempati itu adalah bekas rumahnya Halim Perdana Kusuma.

“Waktu saya kesana. kata nenek Danik itu adalah bekas Rumah Halim Perdana Kusuma. Cuma kalau saya sendiri masih belum tahu jelas, itu hanya fersi nenek Danik,” ucapnya.

Hanya saja, lanjut Olla, kalau dilihat dari luas rumahnya, dan miniatur rumahnya, serta jenis batuannya yang besar-besar itu rumah tua zaman belanda yang kemungkinan ditempati orang kaya pada masanya.

“Secara pandangan saya seperti itu. Soalnya kata nenek Danik sendiri mantan Gubernor Jatim Mohammad Noer juga pernah datang kesana,” imbuhnya.

“Hanya saja kalau saya sendiri kasihan dengan nenek Danik nya, Soalnya rumah yang dia tempati sekarang sudah tidak layak huni dan dia tinggal sebatang kara. Semoga kedepannya banyak orang-orang baik yang membantu kehidupannya,” tutupnya. (Md)

Exit mobile version