Seleksi CPNS dan PPPK 2024 di Sampang, Formasi dan Waktu Pelaksanaan Menunggu Keputusan Kemenpan RB

SAMPANG – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sudah pasti akan digelar tahun 2024 ini. Namun, kepastian waktu pelaksanaan hingga rincian formasi jabatan yang akan dilamar, khususnya bagi pemerintah daerah di Kabupaten Sampang hingga pekan ini masih belum ada. Selasa, 25/06/2024

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sampang, Arif Lukmam Hidayat mengatakan bahwa tahun ini memang dikabarkan ada seleksi CPNS dan PPPK di wilayah kerjanya. Pihaknya masih menunggu keputusan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengenai rincian formasi dan waktu pelaksanaan.

‘’Masih digodok bersama oleh Kemenpan RB. Nanti akan diumumkan bersama daerah lain,’’ ujarnya

Sejauh ini untuk jumlah kuota kebutuhan telah diajukan ke pemerintah pusat, bahkan sudah lama berdasarkan pengusulan dari setiap OPD. Namun, pihaknya tidak dapat menjelaskan secara rinci jumlahnya.

“Saya lupa jumlah kuotanya. Tapi untuk yang menentukan KemenPAN-RB dan hingga saat ini masih belum keluar hasilnya,” pungkasnya.

Adanya kepastian formasi dan jadwal pelaksanaan seleksi penerimaan PPPK dan CPNS, maka daerah memiliki kesempatan penerimaan lebih awal. Begitu juga dengan peserta, baik dari tenaga honorer atau Pegawai Tidak Tetap (PTT), hingga umum bisa mempersiapkan diri lebih awal.

‘’Ini kita sedang berupaya untuk dorong Kemenpan RB segera memberikan kepastian formasi yang disetujui, sehingga kita bisa lebih awal untuk mensosialisasikan. Kemudian adik-adik kita, rekan-rekan kita punya kesempatan yang lebih banyak mempersiapkan diri,’’ tambahnya.(Md).