Sakit, Jemaah Haji Kloter 98 Asal Sampang Meninggal Dunia

SAMPANG – Seorang jemaah haji beralamatkan jalan Kamboja, Kelurahan Rongtengah, Kecamatan Sampang, meninggal dunia di Makkah pada Rabu, 12/06/2024 kemarin. Jemaah itu bernama Ahmad Saminuddin Mutawab, 70, dari kelompok terbang (kloter) 98 tersebut sempat dirawat beberapa hari di rumah sakit arab saudi, CJH tersebut meninggal lantaran saat sampai di Tanah Suci kesehatannya menurun.

Kepala Kemenag Sampang H. Abdul Wafi melalui Plt Kasi Haji dan Umroh Syarifuddin mengatakan membenarkan ada jemaah haji asal Kabupaten Sampang meninggal dunia di tanah Suci Mekkah atas nama Ahm Saminuddin Mutawab kloter 99 karena sakit yang beralamatkan jalan Kamboja Kelurahan Rongtengah Kecamatan Sampang.

” Iya mas ada jemaah haji asal Kabupaten Sampang meninggal dunia di tanah Suci Mekkah atas nama Ahm Saminuddin Mutawab kloter 99 karena sakit,” terangnya.

Saat ini jenazah sudah dimakamkan di tanah suci dan harapannya keluarga yang ada di Sampang bisa tabah dan ikhlas. Dirinya pun berpesan agar seluruh jamaah haji untuk selalu menjaga kesehatannya agar bisa melaksanakan puncak ibadah haji di arafah nanti, caranya dengan menghemat energi dan menjaga stamina tubuh dengan mengkonsumsi vitamin dan makan yang cukup.

”Sementara kami hanya mendapatkan informasi seperti itu. Belum mendapatkan data lengkap faktor penyebab jemaah haji tersebut meninggal. Nanti akan kami kabari lebih lanjut,” ujarnya.

Karena menurutnya pihaknya sering melihat banyak jamaah yang kurang nafsu makan karena tidak cocok, padahal mereka butuh energi yang lebih lantaran haji merupakan ibadah fisik.

“Atas nama Keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Sampang mengucapkan Turut berdukacita meninggalnya Ahm Saminuddin Mutawab semoga di ampuni segala dosanya dan di terima amal ibadahnya Insyaallah Husnul khotimah ,” Pungkasnya. (Md).