Komitmen Cegah Korupsi ASN, Pj Bupati Sampang Tanda Tanganani Pakta Integritas

SAMPANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang rutin menggelar sosialisasi anti korupsi, deklarasi komitmen bersama dan penanda tanganan pakta integritas bagi Kepala Organisasi Perangkat Daerah ( OPD) Bertempat di gedung Smart Room. Rabu, 12/06/2024

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang, para Staf Ahli, Asisten Sekda, Inspektur Kabupaten Sampang, pimpinan OPD, Kabag di lingkungan Setda Kabupaten Sampang, serta para camat se-Kabupaten Sampang.

Dalam sambutannya, Inspektur Daerah Kabupaten Sampang Ariwibowo Sulistyo menyoroti pentingnya langkah masif dan terintegrasi dalam pencegahan korupsi.

“Korupsi telah menjadi kejahatan luar biasa yang sulit diberantas, meski pemerintah telah melakukan berbagai upaya. Maka, diperlukan penguatan trisula pencegahan korupsi yaitu pendidikan, pencegahan, dan penindakan,” ujar Ariwibowou.

Menurutnya, penandatanganan pakta integritas itu dilakukan guna meningkatkan kesadaran, serta membentuk perilaku yang mendukung transparasi kepada seluruh penyelenggara dan semua elemen masyarakat.

“Ini sebagai upaya mencegah perbuatan korupsi dengan mengajak seluruh penyelenggara negara maupun elemen masyarakat berkomitmen memberantas korupsi,” ujarnya.

Sementara Pj Bupati Sampang Rudi Arifiyanto mengatakan bahwa, mengatakan bahwa, Sementara itu, Pj Bupati Sampang Rudi Arifiyanto menegaskan, komitmen bersama dalam upaya pemberantasan korupsi.

“Korupsi bukan hanya merugikan negara, tetapi merusak moral bangsa, menghancurkan kepercayaan publik, dan menghambat pembangunan,” tegasnya.

Rudi menekankan, pentingnya sinergi dan kolaborasi Inspektorat dengan dinas terkait lainnya serta kecamatan, dalam melakukan pembinaan dan pengawasan desa.

“Hal ini untuk memastikan anggaran dana desa yang cukup besar itu dapat digunakan dengan tepat, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” tandasnya.

Terakhir, Ia berharap komitmen bersama antikorupsi ini tidak berhenti setelah acara selesai, tetapi diikuti dengan langkah nyata untuk membangun sistem pencegahan korupsi yang terintegrasi.

“Demi terwujudnya good governance, semoga ke depan kinerja Pemerintah Kabupaten Sampang senantiasa transparan dan akuntabel,” tutupnya. (Md/Adv).