Pustu Karang Nangger Gelar Posyandu Prima Dekatkan Pelayanan Kesehatan Bagi Warga

SAMPANG – Penerapan layanan berbasis siklus hidup manusia menjadi fokus integrasi dalam pelayanan kesehatan primer di masyarakat. Itu artinya, layanan di pusat kesehatan primer, termasuk posyandu, tidak hanya melayani kesehatan ibu dan anak, tetapi juga remaja, dewasa, dan warga lansia. kamis, 06/06/2024

Sama halnya di Pustu Karang Nangger, Dusun Pale Daya, Desa Napo Laok, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang melaksanakan Posyandu Excellent (Posyandu Prima), dimana pelaksanaan Posyandu dengan sasaran tdk hanya BALITA dan Ibu Hamil. Tetapi pelaksanaan Posyandu yg ditujukan untuk, bayi dan balita, ibu hamil, Usia Produktif yaitu POSBINDU (usia 15 – 59 thn) Usia Lanjut (>59 th) berupa Posyandu Lansia.

Dr. Maria Ulfa selaku penanggung kegiatan tersebut mengatakan bahwa, kegiatan posyandu hari ini merupakan langkah utk Penguatan Posyandu Aktif, yang akan meningkatkan kunjungan masyarakat ke Posyandu.

Skrining kesehatan dapat dilakukan di posyandu yang tersedia di desa. Dengan adanya Posyandu Prima, masyarakat diharapkan dapat melakukan skrining kesehatan awal sehingga jika ditemukan anomali akan ditindaklanjuti di Puskesmas.

“Cara paling mudah untuk menjaga agar masyarakat tetap hidup sehat adalah dengan memaksimalkan peran puskesmas dan posyandu. Untuk itu edukasi mengenai menjaga pola hidup sehat dengan olahraga dan mengkonsumsi makanan sehat harus digalakkan” ujarnya.

Menurutnya, gejala penyakit paling banyak di lansia sebab penderita yang dialami kebanyakan nyeri, Selain skrining kesehatan, puskesmas dan posyandu prima juga harus memastikan layanan pemberian imunisasi terus berjalan sehingga dapat menjadi pencegahan dari outbreak (KLB) yang dapat menyebabkan kematian.

“Yang lebih penting bukan menyembuhkan tapi menjaga orang tetap sehat. ini tugas utama puskesmas dan posyandu”terangnya

Sementara Siti Nurul Komariyah selaku Pj Pustu Karang Nangger meapresisi kegiatan Posyandu exelent ataupun Posyandu Prima dimana kegiatan ini wujud dari pengolaborasian, penggabungan serta pengintegrasian.

“Mudah-mudahan bisa berlangsung dengan baik dan bisa dilaksanakan secara rutinan. Karena Posyandu Prima merupakan pengolaborasian, penggabungan dan pengintegrasian dari Posyandu yang berjalan secara sendiri-sendiri,” tegasnya.

Kami mengharapkan dengan adanya Posyandu Prima bisa minimalisir angka stunting, angka kematian bayi dan Ibu hamil serta meningkatkan angka kesehatan

“Diharapkan agar Posyandu bisa berjalan secara efektif, efisien serta meningkatkan angka hidup lebih banyak,”pungkasnya.(Md).