Diduga Rusak Bagian Lambung, Dua Kapal Cepat Milik Pemkab Belum Beroperasi

SAMPANG – Dua unit kapal cepat (speed boat) bersubsidi, milik Pemkab Sampang yang dioperasikan kini mengalami kerusakan pada lambung dan mesin, Selasa, 08/08/2023

Akibatnya kapal rute beroperasi melayani penyeberangan dari Pelabuhan Tanglok ke Pulau Mandangin tersebut berhenti beroperasi.
Plt Kepala Dishub Sampang Yulis Juwaidi mengatakan, institusinya memiliki dua speed boat. kerusakan dua unit kapal cepat akibat kerusakan terjadi di lambung dan mesin. Saat ini, perbaikan speed boat sedang berlangsung.

“Agar perahu cepat tersebut bisa kembali beroperasi, dishub menggandeng Politeknik Negeri Madura (Poltera), Speed boat kedua diparkir di Desa Marparan untuk melayani penyeberangan antardesa di Kecamatan Sreseh,” ujarnya.

Dijelaskan, saat masih beroperasi, dua perahu cepat itu disewakan ke lembaga yang sudah ditunjuk pemkab. Uang sewa perahu cepat tersebut selanjutnya disetor ke PAD.

”Karena sekarang rusak, kami pesimistis bisa memenuhi target retribusi sewa speed boat,” ucapnya.

Humas Poltera Muhammad Nur membenarkan jika institusinya bekerja sama dengan Dishub Sampang untuk memperbaiki speed boat tersebut. Meski begitu, pihaknya belum mengetahui seberapa besar tingkat kerusakan perahu cepat tersebut.

”Sebab, saat ini ada tim yang menanganinya. Kami belum menerima laporan dari tim terkait progres perbaikannya,” terangnya.
(Md)