Gempa Berkekuatan 5.5 Magnitude Guncang Madura, BPBD: Tidak Menyebabkan Tsunami

SAMPANG – Gempa bumi kembali terjadi di Kabupaten Bangkalan, Madura. Tepatnya, berlokasi di 6.32 LS, 113.14 BT atau 83 kilometer Timur Laut dengan kedalaman 636 Kilometer, Jumat (4/8/2023).

Akan tetapi, guncangan gempa dengan kekuatan Magnitude 5.5 tersebut tidak sampai ke wilayah Kabupaten Sampang. Dan informasi tersebut dapat dipastikan oleh badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Sampang.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Sampang Mohammad Imam membenarkan dengan adanya bencana gempa bumi tersebut. “Benar, kejadiannya kemarin. Saya mengetahui melalui informasi di grup BPBD se Jatim,” ujarnya.

Pasca mengetahui informasi tersebut, pihaknya segera menghubungi warga yang berada di kawasan utara Sampang. “Warga Pantura Kecamatan Banyuates tidak merasakan apapun dan tidak mengetahui telah terjadi gempa,” ungkapnya.

Menurut Imam, titik gempa berada di tengah laut dan jauh dari daratan sehingga untuk Kabupaten Sampang guncangan gempa tidak terasa.

“Berdasarkan informasi yang saya dapat dari Bangkalan, gempa ini tidak menyebabkan tsunami di Bangkalan, guncangannya pun di sana tidak terasa,” pungkasnya. (FS)