Cuaca Ekstrem, Perahu Nelayan Sampang Karam Dihantam Ombak

SAMPANG – Angin kencang dan ombak besar melanda selat Madura karena Tekanan rendah di sebelah barat benua Australia, berdampak pada terjadinya cuaca ekstrem di wilayah perairan laut selat Madura, termasuk di Kabupaten Sampang, Rabu, 02/08/2023.

Kasat Polairud Polres Sampang, Iptu Catur Rahardjo menjelaskan, kondisi cuaca angin kencang disertai gelombang tinggi berpotensi terjadi di laut selat Madura.

“Tekanan rendah di sebelah barat laut benua Australia memicu bertambahnya kecepatan angin, dan berimbas pada gelombang tinggi di perairan Indonesia termasuk perairan Kabupaten Sampang,” terangnya

Ia menambahkan, bukti terjadinya cuaca ekstrem itu, salah satu sebuah kapal ikan nelayan milik warga di Desa Gulbung, Kecamatan Pangarengan, kabupaten Sampang, beberapa waktu lalu karam karena dihantam ombak.

“Beruntung dalam musibah tersebut tidak ada korban jiwa, hanya mengalami kerugian materi,” imbuhnya

Pasca kejadian itu, pihaknya memastikan kegiatan laut, agar kecelakan dapat diantisipasi di wilayah perairan pulau Madura khususnya di wilayah Sampang. Bahkan pihaknya harus memperbarui informasi terkait perkiraan cuaca maritim perairan Jawa Timur yang dikeluarkan BMKG Surabaya.

(Md)