Minimnya Petugas, Sosialisasi Aktivitas IKD Ke Desa Hanya Rencana

SAMPANG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang, berusaha meningkatkan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Dengan membuka aktivasi IKD secara umum, sehingga warga yang ingin mengaktifkan dapat langsung ke kantor setempat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispendukcapil Sampang Nor Alam mengatakan, bahwa sebelumnya dalam meningkatkan aktivasi IKD, pihaknya sudah melakukan aktivasi IKD di lingkungan perguruan tinggi.

Namun karena sudah rampung, maka aktivasi dibuka secara umum, dan warga bisa melakukan aktivasi dengan catatan datang langsung untuk melakukan scan barcode ke kantor Dispendukcapil Sampang.

”Aktivasi bisa juga dilakukan di Mall Pelayanan Publik (MPP),” kata dia, Senin, 10/07/2023.

Untuk meningkatkan pelayanan, pihaknya berencana membuka layanan aktivasi IKD pada saat kegiatan Care Free Day (CFD) dan akan membuka stand di depan gedung DPRD Sampang.

“Selain meningkatkan pelayanan, Tujuannya untuk meningkatkan capaian aktivasi IKD karena masih minim,” ungkapnya.

Dengan begitu, pihaknya berencana melakukan sosialisasi aktivasi IKD ke semua desa. Namun, masih terkendala petugas untuk diterjunkan ke semua desa. Apalagi petugas yang ada sebagian besar masih melakukan perekaman E-KTP untuk disabilitas.

”Syarat untuk aktivasi IKD, harus memiliki dan melakukan perekaman E-KTP. Kalau yang belum punya belum bisa aktivasi,” pungkasnya. (FS)