Ragam  

Idul Adha 2023, Pemkab Sampang Kurban 27 Sapi dan 23 Kambing bagi Masjid, Ponpes hingga Kecamatan

SAMPANG – Keluarga Besar Pemerintah Kabupaten Sampang bersama masyarakat melaksanakan shalat Idul Adha 1444 Hijriyah di Halaman Kantor Bupati Kamis, 29/06/2023.

Pada kesempatan ini seusai melaksanakan salat Idul Adha, H. Slamet Junaidi selaku Bupati Sampang bersama Wabub H. Abdullah Hidayat, dan para pejabat di lingkungan Pemkab Sampang memanfaatkan momen ini sebagai ajang silaturahmi dengan masyarakat serta membagikan bingkisan hari raya kepada para jamaah.

Dikatakan H. Idi, momentum Idul Adha 1444 H ini untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT serta menjauhkan diri dari rasa kesombongan, karena baginya hal yang harus ditunjukkan saat ini hanyalah kepatuhan, kerelaan, dan kepasrahan di hadapan Allah SWT.

“Di momen hari raya ini, kita harus menjauhi ego kita sebagai manusia yang merasa punya jabatan punya harta, karena semua itu hanyalah milik Allah SWT, yang suatu saat akan hilang. Maka rasa kesombongan itu harus kita buang semuanya, saat ini yang harus kita tunjukan adalah kepatuhan, kerelaan, dan kepasrahan kita di hadapan Allah SWT,” ucapnya.

Pada momentum Idul Adha kali ini, Pemkab Sampang menyalurkan hewan kurban ke beberapa Takmir Masjid dan Pondok Pesantren yang tersebar di seluruh kecamatan.

Adapun jumlahnya, sebanyak 23 ekor kambing, 26 ekor sapi madura, dan 1 ekor sapi Limosin.

Dengan begitu pihaknya mengajak kepada masyarakat untuk menjadikan Hari Raya Idul Adha sebagai momentum untuk saling peduli kepada sesama, terutama orang kurang mampu dengan berkurban.

“Keteladanan Nabi Ibrahim atas perintah Allah SWT yang menjadi dasar pelaksanaan ibadah kurban ini hendaknya menjadi penyemangat bagi umat muslim untuk senantiasa bersedekah, memaknai hakikat pengorbanan, dan tolong menolong di lingkungan masyarakat,” pungkasnya.

(Adv)