Ragam  

Lirik Lagu Nyareh Ampongan Tuai Kritikan, Dinilai Melukai Orang Madura

SUMENEP – Inilah lirik lagu Nyareh Ampongan. Lagu tersebut memang sempat viral di sejumlah platform media sosial setelah dibawakan oleh penyanyi Arya, Selasa, 20/06/2023.

Lirik lagu yang menggunakan bahasa Madura ini bercerita tentang cara membuat pikiran lebih mudah terhadap beban pasangan hidup. Alih-alih Menghibur seseorang, justru menuai kontroversi Netizen.

Meskipun demikian, lagu Nyareh Ampongan mendapat kritik pedas dari warganet. Hal itu terjadi lantaran lagu tersebut dianggap menghina adat budaya.

Menanggapi hal tersebut, para netizen banyak yang berkomentar salah satunya @bunsagena dalam komentarnya “Diobral istrinya mungkin ada yang mau,” ucap @bunsagena dalam kolom komentarnya.

Sementara, Kadisporapar Sumenep, Moh. Ikhsan memberikan pernyataan tegas terkait adanya lagu viral “Nyare Ampongan” tersebut.

“Saya sudah melihat dan membaca atau menyaksikan lagu tersebut. Jadi, menurut saya lagu tersebut sangat melukai terhadap budaya,” ujar Ikhsan.

Oleh karenanya, Kadis inovatif ini meminta agar lagu tersebut dihentikan.
“Kepada yang bersangkutan saya berharap agar bertaubat dan meminta ampun serta meminta maaf kepada masyarakat Madura karena itu sangat melukai orang Madura yang notabene religius serta menjaga etika budaya dan tidak sembarangan dalam bertutur kata dan berucap,” tegasnya.

(Md)