Ragam  

Tak Kunjung Diperbaiki Jembatan Poros Penghubung Dua Desa Nyaris Makan Korban

SAMPANG – Jembatan Sungai yang menjadi penghubung Dua Desa Daleman dan Pesarenan yang tak kunjung ada perbaikan dari pemerintah setempat hampir memakan korban Jiwa, Selasa, 20/06/2023.

Pasalnya, satu kendaraan roda 4 milik warga setempat nyaris terjun ke dalam sungai karena lantai jembatan yang terbuat dari kayu patah.

Peristiwa ini disampaikan pengemudi Dump truck Sarif Hidayat mengatakan, bahwa dirinya sungguh sangat menyayangkan atas pemerintah daerah yang tidak langsung tanggap terhadap kejadian yang ada di bawah (Desa).

“Jembatan itu memang sudah lama mengalami kerusakan. Bahkan sudah berulang kami kami usulkan tapi tidak juga kunjung mendapatkan tanggapan. Khususnya dari Pemkab selaku pemilik badan jalan dan jembatan,” ungkap Sarif.

Dimana, selama ini masyarakat selalu swadaya melakukan perbaikan jembatan tersebut dengan menggunakan material seadanya agar tetap bisa dilalui.

“Yang selama ini kami khawatirkan seperti kejadian ini, karena banyak kendaraan keluar masuk yng melintasi jembatan itu, hingga hampir sampai memakan korban jiwa,” ujarnya.

Akan tetapi sudah banyak kendaraan yang terperosok karena tidak kuatnya material lantai jembatan hasil kerja swadaya masyarakat setempat.

“Kami berharap pemerintah peka dengan keadaan kami. Karena sudah sering kali kami mengusulkan untuk segera dilakukan perbaikan, tetapi sejauh ini belum juga ada tealisasinya,” Harapnya.

Terpisah Kepala BPBD kabupaten Sampang melalui Fajar Arif, Kepala Seksi (Kasi) Rehabilitasi Rekontruksi BPBD Sampang menjelaskan, bahwa jembatan poros di Desa Daleman sudah masuk di meja Kementrian Keuangan (Kemenkeu).

“Berarti kalau sudah ada di meja Kemenkeu sudah masuk tahap akhir. Cuma kalau saya mau memastikan kapan-kapannya kan tidak mungkin, soalnya saya hanya pelaksana saja, yang mengatur tetap pusat,” Ucapnya.

Diketahui dari 37 pembangunan yang pernah diajukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang tinggal enam saja yang masuk terhadap Kemenkeu.

“Ya salah satunya jembatan yang berada di Desa Somber dan Daleman,” Pungkasnya.

(Md)