Pengukuhan Dewan Pendidikan Kabupaten Sampang Katakan Siap Jadi Mitra Strategis Pemerintah

SAMPANG – Peran Dewan Pendidikan adalah sebagai mitra strategis Pemerintah Kabupaten Sampang khususnya Dinas Pendidikan dalam merumuskan kebijakan-kebijakan di bidang pendidikan. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Edi Subinto usai pengukuhan Dewan Pendidikan Kabupaten Sampang periode 2023-2028 di Aula Dinas Pendidikan, Senin, 12/06/2023.

Hal yang akan dilakukan adalah tanggung jawab pemerintah provinsi adalah SMA SMK SLB. Tentu yang menjadi tanggung jawab kita bukan hanya meluluskan saja, tetapi meluluskan dan mengantarkan setelah lulus ini siswa kemana.

“Yang kita harapkan adalah yang bekerja di perusahaan misalnya, bisa bekerja secara profesional, yang mau berwirausaha punya bekal pengetahuan kewirausahaan, yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi memiliki bekal akademik yang memungkinkan,” ujar Edi.

Bupati Sampang H. Slamet junaidi, menambahkan dewan pendidikan berfungsi dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan dengan memberikan pertimbangan, arahan, dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana, serta pengawasan pendidikan pada tingkat kabupaten.

“Jadi antara Pemerintah Kabupaten Sampang dan Dewan Pendidikan adalah partner untuk berdiskusi dalam pengambilan keputusan demi terwujudnya peningkatan mutu pendidikan dan sumber daya manusia,” tegasnya.

DPK Sampang melalui ketuanya Ach. Mawardiberharap Dewan Pendidikan mampu melaksakan tugas dan fungsinya dengan baik, mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan program pendidikan.

“Dewan pendidikan saya harapkan dapat menghimpun, menganalisa, dan memberikan rekomendasi perihal keluhan, saran, kritik, dan aspirasi masyarakat terhadap penyelanggaraan pendidikan,” pungkasnya.

(Adv)