Ragam  

Tips Merawat Motor Listrik, dan Cara Benar Mengeca Baterai Setelah Berkendara

SAMPANG – Sepeda listrik menjadi pilihan bagi banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Hal itu juga didorong naiknya antusiasme masyarakat dengan kehadiran sepeda motor listrik, Sabtu, 27/05/2023.

Secara teknis, sepeda listrik merupakan sepeda biasa yang ditunjang dengan berbagai komponen kelistrikan berupa baterai, motor/dinamo, dan sistem pengontrol lainnya.

Pada sepeda listrik, terdapat dua jenis baterai yang digunakan, yaitu sealed lead acid (SLA) dan lithium. Kedua jenis baterai tersebutsudah tidak perlu diisi air aki lagi untuk perawatannya. Agar bisa digunakan terus-menerus, baterai ini tentu bisa diisi ulang dayanya menggunakan alat charger.

Dalam sebuah sepeda listrik, baterai menjadi komponen yang paling penting. Karenanya pengisian yang benar dan teratur akan mengoptimalkan kinerja dan umur baterai. Oleh karena itu, serupa dengan peralatan elektornik yang lain, terdapat beberapa tips untuk merawat baterai sepeda listrik.

Menurut salah satu ahli listrik sekaligus montir service Sepeda motor, Mondir menjelaskan, Pertama, melakukan pengisian daya sesuai durasi yang sudah dianjurkan dalam buku manual. Hal ini berguna untuk menjaga baterai tidak overcharge. Biasanya baterai sepeda listrik memerlukan waktu 5-6 jam untuk terisi penuh.

Yang Kedua, jangan mengisi daya baterai saat baterai benar-benar habis atau saat indikator baterai kosong. Isi daya baterai saat indikator baterai mendekati 10% atau lampu yang menyala pada bar hanya tersisa 1. Hal ini akan menjaga umur baterai agar awet dan tidak mudah rusak. Selain itu, isi daya baterai di suhu ruangan.

“Melakukan pengisian daya sesuai durasi yang sudah dianjurkan dalam buku manual. Hal ini berguna untuk menjaga baterai tidak overcharge. Biasanya baterai sepeda listrik memerlukan waktu 5-6 jam untuk terisi penuh,” Katanya.

Jika kalian ingin mencuci motor listrik harus lebih berhati-hati. Agar lebih aman, hindari mencuci motor dengan menggunakan kompresor.

“karena dengan kompresor, tekanan air akan tinggi dan bisa masuk ke sistem kelistrikan tadi,” Ucapnya.

Cara selanjutnya dengan memperhatikan sistem pengereman. Sistem pengereman memiliki fungsi yang sangat vital pada kendaraan. Hal ini sebenarnya bukan hanya berlaku untuk motor listrik, melainkan semua jenis motor.

“Usahakan melakukan pengecekan kampas rem baik untuk ban depan ataupun ban belakang secara rutin,” Terangnya.

(Md)