Jaga Stamina, Menyiasati Kebugaran Bagi Pemain Sepakbola

SAMPANG – Puasa tidak menyurutkan antusiasme para pemain sepakbola PSG Gulbung, untuk mempersiapkan diri menghadapi even di lepas hari raya idul fitri, Kamis, 20/04/2023

Para atlet tetap berlatih di tengah rasa lapar dan dahaga.

Ketua Manager PSG Coach Hamdani, memilih tetap menggelar latihan di bulan puasa agar kondisi kebugaran serta kualitas olah bola para pemainnya tetap terjaga.

“Kami ingin di bulan Ramadhan ini tidak mempengaruhi kondisi atlet secara tekhnis. Karena latihan ini menjadi suatu kebutuhan atlet,” kata Hamdan

Namun menurut Hamdan, porsi latihan selama bulan puasa sedikit berbeda dibandingkan hari – hari di luar bulan Ramadhan.

Selain durasinya yang lebih pendek, intensitas latihan juga lebih rendah dari biasanya.

“Untuk latihan di bulan puasa ini kita lebih banyak maintenance aja, kita jaga kebugarannya. Tapi di 30 menit akhir latihan tetap kasih taktikal, karena ini kebutuhan,” imbuhnya.

Pemain PSG Moh Nasir, ia mengatakan bahwa ia sangat yakin jika puasa justru membuatnya semakin kuat ketika bertanding. Karena itulah berpuasa sama sekali tidak mempengaruhi performanya di lapangan.

“Kondisi ini tidak menjadi alasan bagi seorang muslim untuk mengurangi aktivitasnya. Meski tidak bisa mengkonsumsi makanan di siang hari selama satu bulan, mereka tetap harus menjalankan aktivitas sebagaimana mestinya. Begitu juga dengan pemain sepakbola,” tuturnya.

(Md)