Ragam  

Pasang Tiga Pos Pengamanan Mudik Lebaran, JLS Jadi Jalur Utama Prioritas Kendaraan

SAMPANG – Menjelang arus mudik lebaran 1444 H, Polres Sampang mendirikan dan melakukan persiapan Pos Pengamanan (Pos Pam) Pos Pelayanan (Pos Yan) hingga Pos Terpadu di jalur mudik di wilayah Kabupaten Sampang Madura Jawa Timur, Sabtu, 15/04/2023.

Oleh sebab itu, tim gabungan mulai mendirikan pos pengamanan di sejumlah titik jalan raya guna menetralisir terjadinya hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan.

Kepala Dishub Sampang Drs. Aji Waluyo melalui Bidang (Kabid) Hubungan Darat Dinas Perhubungan (Dishub) Sampang, Moh. Khotibul Umam mengatakan, akan ada tiga pos yang akan dibangun di jalan raya jalur nasional di Sampang. Tiga lokasi yang akan didirikan posko keamanan mudik lebaran itu meliputi di Jalan Raya Jrengik, Jalan Raya Trunojoyo (Monumen Trunojoyo), dan Jalan Raya Camplong.

“Posko ini diperuntukan untuk anggota kepolisian bersama instansi terkait yang ditugaskan dalam operasi ketupat yang mana bertujuan untuk memonitor dan memantau segala perkembangan yang ada di lapangan,” kata khotibul Umam.

“Jelang mudik Lebaran 2023, kami akan dirikan Ada 3 titik posko yang didirikan, di mana termasuk Pos Keamanan (Pospam), Pos Terpadu dan Pos Pelayanan (Posyan),” ucapnya.

Sementara Kasatlantas Polres Sampang AKP Tutud Yudho Prastyawan menyampaikan, Pos tersebut berada di seluruh wilayah hukum Polres Sampang, baik itu Polsek-polsek maupun Jalan By Pass hingga pelabuhan di Sampang.

“Salah satu rekayasa lalu lintas yang menjadi jalur prioritas pengendara, mengarahkan pengendara dari arah Surabaya menuju Kabupaten Pamekasan dan Sumenep maupun sebaliknya agar melintas di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Sampang atau Jalan Halim Perdanakusuma,” tegasnya.

Pos tersebut, Kata Yudho digunakan petugas untuk mengatur lalu lintas selama masa mudik Lebaran 2023, dan diharapkan semua berjalan dengan lancar. Pos pengamanan dan pos pelayanan akan beroperasi mulai H-7 hingga H+7 Idul Fitri.

“Ketiga pos tersebut akan beroperasi setelah gelar pasukan Operasi Ketupat Sampang 2023,” kata Yudho

Ia pun mengimbau bagi masyarakat yang akan mudik ke Kabupaten Sampang atau melintasi jalur Kabupaten Sampang agar tetap mencari informasi terbaru dan mengikuti arahan dari petugas dilapangan.

“Mudah-mudahan momen mudik tahun ini dapat berjalan aman, lancar, dan selamat sampai tujuan,” kata Yudho.

(Md)