Ragam  

Jelang Arus Mudik 2023, Polisi dan Dishub Sumenep Cek Kelaiakan Bus di Pul Dan Terminal

SUMENEP – Satlantas Polres Sumenep menggelar pengecekan kelaikan kendaraan atau ramp check untuk bus-bus yang ada di wilayah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur (Jatim). Pengecekan digelar di pul dan terminal bus, Senin, 10/04/2023.

“Semua udah dicek terkait pengereman, lampu-lampu, agar bus terlihat oleh pengemudi yang lain itu masih laik,” kata Kasat Lantas Polres Sumenep AKP Alimuddin Nasution saat dikonfirmasi

Pemeriksaan ketat dilakukan terhadap kelengkapan kendaraan, terutama yang berhubungan langsung dengan keselamatan. Mulai dari lampu, alat pemadam api, kondisi ban dan surat-surat kendaraan.

“Selain mengecek kelayakan kendaraan, kami juga melakukan pemeriksaan kesehatan pada sopir dan kru bus, seperti kernet dan kondektur, bebas dari narkoba,”ujranya

Rencana pengecekan hingga arus mudik, kan kita persiapan operasi ketupat, Untuk pengecekan dalam kesempatan tersebut, hasilnya kendaraan laik jalan. Selain itu, secara administratif masih lengkap.

Di sisi lain, Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Arya Wiraraja Sumenep Handoko Imam Hanafi, sebanyak 300 armada bus siap melayani angkutan mudik Lebaran pada musim mudik dan balik Lebaran mendatang.

“Total 300 armada bus itu, sebanyak 200 armada bus di antaranya merupakan bus angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), sedangkan 100 armada sisanya merupakan angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), ” Terangnya.

(Md)