Akibat Curah Hujang Tinggi Jalan Akses Antar Desa Lonsong

BANGKALAN – Longsornya akses jalan penghubung antar Desa Dupok dengan Desa Banda Sholeh mengakibatkan hanya bisa dilewati Roda Dua saja. Kerusakan tersebut diperkirakan sudah hampir berjalan selama empat bulan, namun dari berbagai elemin pemerintahan belum bisa memperbaikinya, Kamis (16/03/2023).

Camat Kokop Urip Riyanto, S. Sos, mengaku sudah mengetahui adanya bencana alam longsor di wilayah kerjanya tersebut. Longsornya jalan berdempetan dengan Jembatan Bandasoleh, dan kejadian disebabkankarena adanyahujan yang begitu lebat.

“Itu kejadiannya Desember 2022, dan sudah kami upayakan berkoordinasi dengan pihak dinas PUPR Bangkalan,” jelasnya.

Bahkan menurut informasi yang pihaknya terima, jalan yang sudah tinggal satu meter setengah itu, akan ada perbaikan di bulan yang akan datang. Sebab, jalan tersebut merupakan akses yang biasa masyarakat gunakan ketika hari pasaran dan sangat dibutuhkan.

“Alhamdulillah, sudah masuk k PUPR proposalnya, dan insyaallh bulan 4 direncanakan perbaikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina marga Dinas PUPR Bangkalan, Guntur Setiyadi mengatakan, akan segara ditangani dan diperkirakan tahun ini juga perbaikannya. Bahkan dia menyampaikan sudah melakukan survey ke lokasi, dan saat ini masih tahap proses survey perencanaan.

“Iya perkiraan di bulan tersebut mas, tergantung proses di pelelangannya. Sudah kita anggarkan untuk perbaikan tahun ini sebesar 114 juta dari Dana Alokasi Umum (DAUM) APBD,” terangnya. (AK)