Ragam  

Nuansa Persawahan, Destinasi Wisata Pemandiaan Sumber Omben Sampang

SAMPANG – Sumber Omben itu memang merupakan sebuah sumber mata air yang sebenarnya sudah sangat familiar untuk warga Sampang dan Madura.

Lokasinya sekitar 500 meter ke utara dari Pasar Omben, tepatnya berada di jalan KH Agus Salim Desa Tambak, Omben, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Madura.

Sekarang ini tempat tersebut sudah menjadi salah satu spot atau objek wisata di Sampang Madura yang memang menarik bagi banyak orang. Banyak juga orang yang mempergunakan tempat wisata ini menjadi salah satu tempat untuk relaksasi.

Agus Warga Karang penang saat berkunjung ke sumber Omben mengatakan Suasana di sekitar Mata Air Omben begitu sejuk meski siang hari. Pohon rindang di pinggir kolam menambah angin sepoy-sepoy.

“Selain itu, air sumber omben itu begitu jernih. Sehingga bikin betah orang jika di sana,” Terangnya, Minggu, 05/03/2023.

Sumber omben juga mempunyai Sejarah dari tempat ini yang memang sangat menarik yakni soal cerita dari Joko Telo dan juga istrinya. Tentunya adanya cerita sejarah ini menjadikan tempat ini pun jauh jadi lebih menarik dan banyak orang yang ingin mengunjungi tempat ini.

Dikisahkan, waktu itu-Joko Tole bersama istrinya melakukan perjalanan dari Bangkalan menuju Sumenep dengan menunggangi kuda.

Menurut cerita rakyat, sang istri Jokotole lumpuh dan mengalami kebutaan.

Tiba di suatu tempat yang sekarang dikenal dengan Desa Omben. Joko Tole menancapkan tongkatnya.

“Setelah dicabut tancapan tongkat itu, menyembur mata air yang sangat jernih dan mengenai tubuh istrinya. Seketika itu, penyakit istrinya langsung sembuh,” terang Arif, warga setempat
(Md)