Warna Warni Tanggapan Masyarakat Saat Didatangi Pantarlih

SAMPANG – Jelang Pemilihan Umum (Pemi 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang mulai melaksanakan Pencocokan dan Penelitian (coklit)

Sebagai tanda dimulainya e-Coklit, Ketua PPS Desa Gulbung terbagi menjadi beberapa tim untuk mendampingi Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) bertugas, salah satunya ke rumah warga yang berada Dusun Bere’ leke Desa Gulbung, Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang, Jum’at, 17/02/2023.

Ketua PPS Desa Gulbung Rosidi mengatakan, e-Coklit ini merupakan bagian dari proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar Pemilih. Coklit ini berlangsung mulai Minggu, 12 Februari 2023 hingga 14 Maret 2023 mendatang.

“Jajaran PPS Desa Gulbung sudah menyebar untuk mendampingi Pantarlih melakukan Coklit ke sejumlah warga, tokoh agama dan tokoh masyarakat,” Ungkapnya

Sekretaris PPS Riyadi menerangkan dilaksanakannya e-Coklit untuk mencocokkan dan meneliti data yang dikirim dari Kementerian Dalam Negeri. Apabila ada data yang tidak sesuai atau ada perubahan akan diubah.

“Jika orang yang didata coklit sudah meninggal dunia , maka akan dicoret,” terangnya

Pada proses ini, Pantarlih akan mendatangi setiap rumah masing masing RT/ Rw/ Dusun yang ada di Desa Gulbung

Pihaknya meminta masyarakat untuk bersiap menerima kedatangan Pantarlih.Sebab, coklit ini bertujuan untuk memastikan data pemilih lebih akurat.

Aulia dan Aini salah satu anggota pantarlih TPS 14 & 15 menjelaskan, Alhamdulilah saya sudah mencocokan dan meneliti data warga, Mereka semua merasa senang karna sudah didatangi petugas Pantarlih,saya juga merasa senang dan bangga bisa menjadi petugas pantarlih.

“Bermacam tanggapan warga saat di datangain ada yang dikira Bantuan PKH, ketika di jelaskan bahwasannya pendataan pemilu para warga paham, intinya warga senang karena apa yang kami sampaikan dengan murah senyum,” Katanya

K.H Mannan salah satu tokoh masyarakat dan tokoh Pendidikan di dusun Bere’ leke Desa Gulbung juga menambah kan,

“Saya merasa senang sudah di data oleh petugas pentarlih yang ramah dan murah senyum,kalau semua petugas pantarlih seperti ini,warga yang di data akan merasa terbantu dan merasa di hargai,” pungkasnya.
(Md)