Bahaya, Tiang Listrik Hampir Roboh Sampai Kabel Menggelantung Pihak PLN Diam

SAMPANG – Kabel listrik di wilayah Dusun Pangrenduh, Desa Gulbung, Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang kondisinya sungguh memprihatinkan. Meski sudah terlihat ada tiang listrik, namun kabel listrik itu dipasang tidak rapi pada tiangnya sehingga ada kabel yang jatuh hampir menyentuh tanah, Rabu, 08/02/2023.

Kabel sentral listrik jaringan tegangan rendah (JTR) milik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Sampang itu jaraknya tidak sampai satu meter dari tanah.

Sebagian warga merasa resah dengan kondisi kabel listrik tersebut, yang tentu sangat membahayakan warga yang setiap harinya melintas apalagi jika dimainkan oleh anak-anak.dan juga saat bertani atau mencari rumput

Berdasarkan pantauan belum ada upaya perbaikan sama sekali dari pihak terkait agar kabel yang tergantung menjuntai itu terpasang rapi.

Fendi salah satu warga sekitar mengatakan, kondisi kabel listrik tersebut sudah lama dibiarkan menggelayut seperti itu.

Diperparah dengan tiang listrik kabel tersebut yang hampir roboh. Apalagi lokasi kabel yang hampir menyentuh tanah itu memang berdekatan dengan permukiman warga. Seperti yang diungkapkan oleh Suhdi, 60, warga setempat. Dia mengatakan, kondisi kabel sentral JTR itu cukup lama.

“Ini terjadi sudah berlangsung lama, belum ada perubahan sama sekali dari PLN,” ungkapnya.

kabel listrik yang bergelantungan rendah. Kabel sentral listrik jaringan tegangan rendah (JTR) tersebut jaraknya tidak sampai satu meter dari tanah. Kondisi itu dikeluhkan.

“Meskipun tiang listrik ada, namun sudah banyak yang miring apalagi kabelnya sudah menjuntai pepohonan nyaris ketanah,” katanya

Wawan warga Dusun Pangrenduh berharap pihak PLN segera memperbaiki kabel yang kendur tersebut, jangan sampai menimpa warga kemudian baru diperbaiki.

“Ini kan bahaya, kabel listrik lo, kalau kena orang gawat juga. Jangan kejadian dulu baru diperbaiki,” ucapnya.

Ia sangat khawatir kabel listrik terbuka terkena ranting pohon jika kondisi hujan dibarengi angin kencang.

“Bahaya jika pohon menyentuh kabel. Selain bisa menyebabkan sengatan listrik juga adanya ranting-ranting kayu yang patah dan menimpa kabel bisa putus,” tandasnya.
(Md)