BPP Tanjung Bumi Sepi Tanpa Petugas

BANGKALAN – Kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang berada di wilayah Kecamatan Tanjung Bumi sering tidak ada petugasnya. Pasalnya tim penyuluh Yang diberitugas oleh Dinas Pertanian Bangkalan itu, hanya mampir dan langsung melakukan giat terhadap poktan-poktan di 14 desa di wilayah tersebut, Senin (06/02/2023).

Kordinator BPP Tanjung Bumi, Rudi Hartono mengaku tim yang bertugas diwilayah itu hanya tiga orang saja. Sedangkan desa yang harus diberikan penyuluhan lebih banyak jumlahnya yakni 14 desa.

“Seharusnya kalau idealnya petugas penyuluhan di kecamatan itu setiap orang menghandle satu desa, lah ini hanya tiga orang harus 14 desa, kan tidak ideal,” tuturnya.

Rudi Hartono menjelaskan meskipun dirinya selaku kordinator wilayah, tapi masih mengemban amanah empat desa, yaitu Desa Tambak Pocok, Bumi Anyar. Larangan Timur dan Desa Paseseh.

“Oleh karena itu, jika tim kami sering tidak ada di Kantor BPP, itu karena kami langsung ke desa-desa untuk melakukan Latihan Kunjungan Dan Evaluasi (LAKUSUSI),” ngakunya pada media ini saat dimintai keterangannya.

Selain alasan tersebut, dia menuturkan bahwa pihaknya tidak mempunyai petugas tetap selayaknya petugas administrasi di kantor.

“Jadi wajar lah kalau tidak ada di kantor, karena kami mengurusi Kelompok Tani (Poktan) di berbagai desa di Kecamatan Sepulu,” Pungkasnya. (AK)