Ragam  

Kecamatan Torjun Bakal Jadi Pusat Budidaya Ikan Lele Skala Nasional

Potensi Bisnis dan Kunci Sukses Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

SAMPANG – Ternak lele menjadi salah satu peluang bisnis yang menggiurkan. Wajar saja, lele sudah menjadi santapan andalan warga Indonesia, lihat saja, di setiap meter pinggir jalan pasti ada saja warung pecel lele. Selain itu harga makanan dari lele juga murah, jadi bisa dibeli oleh semua kalangan.

Sementara dari sisi permodalan, terjun ke bisnis ternak ini gak butuh modal besar kok, bahkan gak lebih dari Rp 10 juta. Sedangkan keuntungan yang didapat sangat menggiurkan dan bisa balik modal hanya dalam satu kali panen. Lumayan kan, keuntungan ini bisa dipakai untuk beli barang yang kamu selalu inginkan, untuk ditabung, atau untuk beli asuransi biar keuangan kamu terproteksi.

Seperti halnya yang dilakukan pria asal Kota Sampang, Provinsi Jawa Timur, bernama H. Aulia Rahman. Ia memanfaatkan pekarangan rumahnya di Desa Torjun, kecamatan Torjun, untuk budidaya ikan lele.

Pertenakan ikan lele milik H. Aulia Rahman yang bertempat JL. KH. Abu Bakar Desa Torjun ini hanya menggunakan terpal plastik untuk membuat kolam lele. Aulia memulai usahanya sebagai pertenak lele secara otodidak. Pada awalnya hanya memiliki 3 kolam ikan lele dari terpal plastik dengan ukuran 3 × 7 meter.

“Dari tiga kolam, bisa kembali kumpulkan uang dan membangun kolam lain termasuk untuk ikan lele dan lainnya,” Terangnya

Sampai pada akhirnya memiliki 25 kolam dengan ukuran 30 × 12 meter di antaranya memiliki 15 kolam pembiakan, dan satu kolam berukuran 1×5 meter untuk indukan lele.

Modal pembibitan indukan untuk satu paket pun membutuhkan modal sebanyak Rp. 1,5 juta dari awal pembibitan hingga panen, sudah termasuk pakan ikan lele

“Jadi itu biaya dari awal pembibitan, mengawinkan 6 pasangan indukan hingga menghasilkan anakan lele, dibesarkan hingga panen dalam waktu dua bulan,” ujarnya

Dari hasil ternak lele ini Banyak pedagang dan pembeli yang datang langsung ke pertenakannya untuk membeli lele hasil pembiakan H. Aulia Bahkan juga ada beberapa pertenak lele yang datang untuk melihat dan belajar bagaimana mengelola kolam lele nya termasuk juga mahasiswa dan pelajar.
(Md)