Ragam  

Kerajinan Fiberglass dan Proses Pembuatan

SAMPANG – Kerajinan fiberglass merupakan salah satu ide kreatif untuk membuat souvenir. Beragam bentuk pun dapat dibuat, misalnya mainan kunci, miniatur bangunan, patung, serta bentuk-bentuk lainnya.

Untuk belajar dan membuat kerajinan yang terbuat dari fiberglass dimana SMK Islam Gulbung membuat terobosan dengan membuat kerajinan dengan Menggunakan fiber

Ali Wafa menjelaskan tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan ilmu keterampilan dan skill dalam mempersiapkan sebelum mereka kembali terjun ditengah lingkungan masyarakat sehingga dapat bersaing untuk mendapatkan pekerjaan maupun membuka lapangan pekerjaan.

“Salah satu wujud nyatanya adalah dengan diadakannya pelatihan fiberglass ini,” Terangnya

Sekolah Menengah Kejuruan adalah salah satu jenjang pendidikan menengah dengan kekhususan mempersiapkan lulusannya untuk siap bekerja. Pendidikan kejuruan mempunyai arti yang bervariasi namun dapat dilihat suatu benang merahnya.
Lanjut, Harga produk fiberglassnya juga bervariasi. Untuk sovenir kecil dengan ukuran 5-50 cm harganya sekitar lima ribu Rupiah hingga satu juta Rupiah,sedangkan untuk patung ukuran besar mencapai harga lima puluh juta Rupiah dan untuk bak sampah berkisar lima ratus ribu hingga satu juta enam ratus ribu Rupiah.

Proses Pembuatan Kerajinan Fiberglass Agar pembuatan kerajinan fiberglass bisa berlangsung dengan cepat, maka perlu dipersiapkan cetakan silikon terlebih dahulu. Pembuatan cetakan silikon sama dengan pembuatan cetakan silikon untuk kerajinan lilin. Usai cetakan silikon sudah siap, berikut langkah membuat kerajinan fiberglass yang bisa diikuti; Campurkan resin dan katalis dengan perbandingan 20 banding 1; Setelah tunggu beberapa lama, cairan resin katalis siap dimasukkan ke dalam cetakan silikon; Kemudian, tunggu hingga kering dan kerajinan fiberglass bisa dilepas dari cetakan silikon.
(Md)