Bangkalan Sebagai Pintu Utama Masuk Pulau Madura Dengan Kondisi Jalan Hancur Semua

BANGKALAN – Penantian masyarakat untuk menikmati jalan yang tidak rusak, harus dibayar dengan keringatnya sendiri. Terbukti swadaya penggalangan dana perbaikan jalan di ruas poros kabupaten, dilakukan sudah hampir satu bulan oleh warga Desa Sampiyen, Kecamatan Konang, Kabupaten Bangkalan, Pada Senin (30/01/2023).

Samsul salah satu warga yang rela meluangkan waktunya demi menutupi jalan yang rusak di desanya itu mengatakan, pengecoran sudah setengah bulan berlalu. Karena yang dilakukan betonisasi tidak hanya satu titik saja, melaikan hampir semua jalan kabupaten itu diperbaiki.

“Dana nya dapet dari orang yang melintas setiap hari di sini, ada juga berupa semen yang disumbangkan oleh pemerintah desa kurang lebih 10 semen,” Jelasnya.

Dia menerangkan setiap jalan yang rusak Panjangnya hampir 100 meter lebih, dan kerusakan memang tidak ada perbaikan ataupun pemeliharaan jalan oleh pemerintah Bangkalan. Karena sudah banyak pengendara kecelakaan ketika musim hujan seperti sekarang, bersama warga sekitar berinisiatif untuk mengadakan penggelangan dana.

“Titik jalan rusak di sebelah selatan juga ada sebagian yang diupayakan diaspal, sedikitpun tidak ada pemerintah meninjau kegiatan swadaya ini, alias tidak ada bantuan apapun,” ungkapnya.

Misnali salah satu mahasiswa Kampus al Hamidiyah Sen Asen menyampaikan banyak terima kasih kepada masyarakat setempat. Sebab, dirinya ketika berangkat atau pulang dari kampusnya, ketika melewati jalan tersebut harus lebih ekstra hati-hati karena takut jatuh. Ditambah lagi krikil dan batu-batunya yang berserakan di setiap jalan sangat berbahaya saat dilintasinya.

“Semoga saja menjadi amal Jariyah warga di situ, meskipun pemerintah bangkalan tidak peduli. Dengan adanya perbaikan itu pengendara lain bisa lebih tenang tanpa dihantui rasa takut lagi,” tandasnya. (AK)