Gedung Puskeswan Telan Ratusan Juta Tapi Tidak Beroprasi

BANGKALAN – Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan telan ratusan juta untuk membangun gedung Puskeswan. Nanum sangat disayangkan gedung yang diperkirakan rampung pada bulan juli itu, sampai hari ini tidak difungsikan. Adapun lokasi pembangunan tepatnya di Desa Keranggan, Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan, Rabu, (25/01/2023).

Salah satu warga setempat berinisial Mh mengatakan, bangunan puskewan milik dinas peternakan itu sudah enam bulan tidak ditempati. Terhitung sejak Juli-Desember rampung fasilitas Pramedik Keswan tersebut.

“Itu kalau tidak salah dibangun bulan juli itu. Iya memang belum pernah ditempati,” tuturnya.

Pasalnya gedung yang menelan ratusan juta itu, sejuah ini juga tidak kunjung ditempati dan diresmikan oleh dinas terkait.

“Ini belum diresmikan oleh pengelolanya Dinas Peternakan,” Terangnya kepada Tim Redaksi Madura Raya.Id kemarin.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan (Disnak) Ali Makki mengakui bahwa tidak ada peresmian. Selain itu dia juga menyampaikan jika penempatannya akan direncanakan pada bulan ke dua tahun ini.

“Iya betul, akhir tahun kemarin yang selesai bangunannya. Soal peresmian memang belun ada,” katanya.

Dia mengungkapkan anggaran pengadakaan gedung puskeswan itu didapat dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022. Namun saat disinggung jumlah nominal anggarannya, dia engan memberitahu secara detainya.

“Kalau soal itu saya tidak hafal, karena tidak pegang laptop. Tapi kalau tidak salah kurang lebih 550 juta,” Tandasnya. (AK)