9 Kursi Jabatan Strategis Kosong, Mayoritas Kepala Dinas

SAMPANG – Jabatan strategis lingkup pemerintah kabupaten (Pemkab) Sampang kosong. Diketahui jabatan yang kosong itu, sebanyak 9 jabatan. Yakni, Kepala Diskominfo, Dispendukcapil, Inspektorat, BPPKAD, Disnaker, Damkar, Asisten 1 dan 2, serta Staf Ahli.

Kepala Badan Dan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sampang Arif Lukman Hidayat mengatakan, jabatan yang kosong itu mayoritas kepala dinas. Sehingga untuk sementara waktu, kekosongan jabatan itu diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt).
“Untuk sementara, diisi oleh Plt,” ujarnya, Senin (23/1/23).

Hal itu dilakukan, katanya, agar roda organisasi tetap berjalan. Namun, Plt atau penjabat sementara itu, tidak mempunyai kewenangan penuh seperti pejabat yang sudah definitis.
“Kalau tugasnya sama dengan pejabat definitif tapi Plt tidak punya kewenangan penuh,” ungkapnya.

Dari sejumlah jabatan strategis yang diisi Plt itu, ia lanjut menguraikan, terdapat dua OPD yang baru dibentuk, artinya dampak pemekaran OPD. Tujuannya, untuk mengefisiensi anggaran dan OPD itu.
“Jadi untuk dua OPD ini baru, sedangkan yang paling lama kekosongan jabatan strategisnya di Inspektorat sama BPPKAD,” sambunganya.
“Kekosongan di Inspektorat dan BPPKAD dari 2021, diperpanjang karena ada perubahan Peraturan Daerah (Perda),” tambahnya.

Lebih lanjut, guna mengisi kekosongan jabatan itu, kini pihaknya tengah menunggu informasi dari pimpinan daerah, apakah ada pemutasian pejabat yang memenuhi syarat.
“Kalau tidak ada pemutasian kita akan segera buka selter lelang,” paparnya.
(AHe)