Lokasi Rendah Blega Menjadi Tempat Banjir, tiga dusun terendam

BANGKALAN – Banjir kembali mendala titik-titik yang rendah, salah satu terjadi di Des/Kec Blega, Kabupaten Bangkalan, Kamis (19/01/2023). Akibatnya aktivitas warga terhambat oleh genangan air dioerkirakan setinggi lutut orang dewasa.

Staf Kecamatan Blega Taufiqurrohman mengatakan, benjir melandan tiga dusun di Desa Blega. Diantaranya Dusun Laok Songai, Dusun Planggaran, Dusun Kemasan, tidak merambat ke desa lainnya.

“Ya tapi gak besar kayak yankg minggu kemaren mas. Kalau desa hanya Desa Blega aja,” jelasnya.

Dia menerangkan ketinggian air sajauh ini sekitar di bawah lutuh orang dewasa. Dengan adanya bencana seperti itu, pihak kecamatan blega membagikan makanan.

“Soalnya di kecamatan sudah ada dapur Umum, khusus yang terdampak banjir,” ungkapnya.

Kepala Pelaksana BPBD Bangkalan Geger Heri Susianti menanggapi titik banjir Blega memang hujan tapi hanya gerimis. Dan banjir itu bisa terjadi karena kiriman Air dari Desa Tlageh.

“Memang di Blega daerahnya rendah jadi kalau boleh saya katakan blega itu kayak mangkok, walaupun Blega tidak hujan tetapi kalau kecamatan di atas hujan pasti banjir,” ujarnya.

Dia mengaku pihaknya sudah mencoba membantu untuk menggunakan perahu karet, dan meminta bantuan untuk isi DU.

“Demi memperkecil kejadian debet air Bapak Plt.Bupati sudah melayangkan surat untuk dinormalisasi sungai sepanjang 3 Km,” tandasnya. (AK)