Ragam  

Ladang Garam dan Pesona Indahnya Sepetak Surga di Pulau Garam Pangarengan

SAMPANG – Pulau Madura terkenal dengan sebutan Pulau Garam. Dari tahun ke tahun, Madura memang selalu jadi salah satu wilayah penyumbang utama hasil produksi garam nasional.

Bahkan, konon Madura menyandang status sebagai ladang garam terbesar di Asia Tenggara. Besarnya hasil produksi garam dari Madura inilah yang menjadi alasan mengapa Pulau Madura dijuluki sebagai Pulau Garam.

Misalnya Tambak garam Pangarengan Sampang Madura penghasil garam terbaik – Kecamatan Pangarengan merupakan daerah penghasil garam terbaik di Pulau Madura dengan luas Area terbesar di Kabupaten Sampang. Dengan menempuh jarak 6 km ke arah selatan Kota Sampang Anda bisa menyaksikan aktivitas para petani Garam di musim panen. Serta kegiatan pengolahan garam di pabrik garam Pangarengan. Kecamatan Pegarengan ini yang menjadi Unggulanya adalah petani tambak atau garam. Kecamatan Pangarengan merupakan salah satu dari 14 kecamatan yang masuk kedalam wilayah kabupaten Sampang, Pulau Madura, Propinsi Jawa Timur. Sebelah utaranya berbatasan dengan kecamatan Torjun. Sedangkan sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Sampang. Dan sebelah Selatan berbatasan langsung dengan Selat Madura, serta sebelah Barat berbatasan dengan kecamatan Jrengik dan Sreseh.

Kecamatan Pangarengan juga dikenal sebagai daerah penghasil garam terbesar di Madura. Kecamatan ini mempunyai 6 desa, diantaranya: desa Pangarengan, Apaan, Gulbung, Panyerangan, Pancanggaan dan Ragung.

Dengan keadaan geografisnya yang terdiri dari Pantai (Desa Pangarengan, Desa Apaan dan Desa Gulbung). Sisanya adalah terletak di daerah yang bukan pantai, melainkan dataran rendah. Dari keenam desa yang diatas, hanya tiga desa yang mempunyai lahan tambak garam yang paling luas, yaitu desa Pangarengan dengan tambak garam seluas 458,000 Ha, desa Ragung dengan tambak garam seluas 435,000 Ha, dan desa Apaan yang memiliki tambak garam seluas 429,000 Ha

Di lokasi ini kalian bisa melihat langsung proses pembuatan garam madura yang terkenal . kalian dapat mengaksesnya melewati jalur Pangarengan-Sampang yang sering d sebut jalur alternatif. jalur ini sama dengan jalur pada keterangan di atas, namun jalur ini pengaksesannya dari jalan raya torjun langsung belok kanan dari perempatan. kalau kalian bingung, jalan tersebut sering di bilang desa Krampon, nah di situ lah jalan masuk menuju desa pangarengan.
Adapun bisa di jadikan Spot Foto untuk menjelang fajar dan sunset pas waktu matahari terbenam untuk mencari suasan kekosongan di waktu sore
Salah satu warga dari sampang kota windi yang ingin melihat suasana alam dan keindahan gudang gudang besar garam yang masih untuh bekas jaman belanda hingga sampai saat ini masih kita lihat
“Suasan paling enak di waktu sore kita bisa hunting atau foto foto sambil lihat pemandangan yang saat matahari fajar” Ungkapnya.
(Md)